Diangkat karena Kanker, Wanita ini Punya Lidah baru dari Lengan

Joanna Smith harus lebih hati-hati agar tidak melukai lidah baru miliknya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 20 Februari 2019 icon 14:18 WIB
Diangkat karena Kanker, Wanita ini Punya Lidah baru dari Lengan

Ilustrasi lidah. (Pexels/Pixabay)

Seorang wanita bernama Joanna Smith memiliki pengalaman hidup yang sangat berharga. Dia diberi kesempatan kedua untuk memiliki lidah baru setelah lidah aslinya diangkat karena kanker.

Dilansir dari Fox News, Joanna menyebut dirinya wanita yang beruntung karena masih bisa menyambung hidup antara 6 hingga 8 bulan lagi.

Pengalaman pahitnya bergelut dengan kanker bermula ketika dia menyadari ada sariawan di rongga mulutnya.

Baca Juga: Kayak Dokter, Tukang Cukur Ini Curiga Pelanggannya Kena Kanker

Rupanya itu bukan sariawan biasa, melainkan kanker ganas. Dokter yang menanganinya mengatakan jika Joanna punya dua pilihan. Pertama mengangkat sebagian lidah yang terserang kanker atau menyerah pada keadaan.

Ilustrasi lidah. (Pexels/Oleg Magni)
Ilustrasi lidah. (Pexels/Oleg Magni)

Jika Joanna mengambil pilihan kedua, dia nggak punya banyak waktu untuk menikmati hidup. Dokter memperkirakan umurnya hanya sampai Natal tahun kemarin sedangkan kanker itu baru ketahuan pada bulan Oktober 2018.

Diceritakan jika Joanna Smith nggak mau menyerah begitu saja. Dia memilih opsi pertama, berjuang melawan kanker dan membiarkan lidahnya diangkat. Sebagai gantinya, Joanna akan dibuatkan lidah baru yang diambil dari pembuluh darah vena dan potongan lengannya.

Baca Juga: Pura-Pura Menderita Kanker, Wanita ini Terancam Hukuman Penjara

''Dokter-dokterku luar biasa. Mereka selalu berkata aku akan bisa mengganti lidahku dengan yang baru,'' ungkapnya masih dilansir dari Fox News.

Joanna berbagi cerita tentang bagaimana tegangnya dia dalam operasi pengangkatan lidahnya. Menurut Joanna saat itu melibatkan sekitar 29 orang dalam operasi ini.

Operasi plastik dilakukan ahli bedah berpengalaman. (Unsplash/Marlon Lara)
Ilustrasi operasi. (Unsplash/Marlon Lara)

Para dokter bedah mengambil hampir sebagian besar lidahnya, kelenjar di lehernya, dan beberapa gigi dalam total tiga operasi selama 10 jam.

''Saat aku bangun, aku agak disorientasi tapi aku langsung bisa berbicara. Terasa seperti ada yang aneh di mulutku,'' lanjutnya.

Joanna juga bercerita jika dia punya PR baru seiring dengan adanya lidah baru di rongga mulut, yaitu harus lebih berhati-hati agar tidak menggigit lidah karena dia tidak dapat merasakannya.

Joanna juga harus menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas karena lidah barunya tidak bisa merasakan perbedaan suhu.

''Aku juga harus berpikir dulu sebelum makan dan harus rajin mencuci mulut. Aku tak bisa makan dan menggunakan mulutku seperti biasanya,'' ungkap Joanna tentang lidah barunya.

Ilustrasi lidah. (Pexels/Anderson Miranda)
Ilustrasi lidah. (Pexels/Anderson Miranda)

Kini sel kanker dalam tubuhnya sudah diangkat dan Joanna sudah berangsur pulih pasca operasi. Meskipun dia memiliki banyak keluhan terkait lidah baru miliknya, tapi paling tidak dia sudah berusaha.

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Kanker Kulit yang Mesti Kamu Tahu

Karena keberaniannya ini, dokter mengatakan jika umurnya bisa diperpanjang antara 6 hingga 8 bulan lagi. Satu-satunya hal yang harus dilakukan Joanna saat ini adalah bersyukur dan fokus pada penyembuhannya pasca operasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI