Canggih, Stasiun Berita China Meluncurkan Pembaca Berita AI Wanita

Profesi pembaca berita atau news anchor perlu waspada, nih.

By: Dinar Surya Oktarini icon Minggu, 24 Februari 2019 icon 14:41 WIB
Canggih, Stasiun Berita China Meluncurkan Pembaca Berita AI Wanita

Xin Xiaohao. (YouTube/New China TV)

Kantor berita pemerintah China, Xinhua, beberapa waktu belakangan diketahui getol mengembangkan pembaca berita dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Nah, yang terbaru, Xinhua meluncurkan "pembaca berita AI wanita pertama di dunia."

Dilansir dari RT World News, pembaca berita virtual yang bernama Xin Xiaomeng itu dikembangkan oleh Xinhua bersama dengan perusahaan mesin pencari bernama Sogou.

Pengembang mencontoh pidato dan gestur tubuh dari pembaca berita Xinhua, Qui Meng, dan memamerkannya dalam sebuah video yang dirilis pada hari Selasa lalu.

Baca Juga: Pembaca Berita 'Pink Lady' Korea Utara Akhirnya Pensiun

Xin Xiaohao. (YouTube/New China TV)
Xin Xiaohao. (YouTube/New China TV)

 

Meski virtual, Xin Xiaomeng seperti manusia hidup, ia mampu berkedip dan mengatur tangannya saat dia berbicara di depan kamera. Walah masih memiliki gerakan mulut yang kaku, dia cukup terlihat nyata dan meyakinkan seperti news anchor betulan.

Kehadiran robot ini diharapkan dapat mengurangi biaya perusahaan dan meningkatkan efisiensi.

Sebelum Xin Xiaomeng, Xinhua memang sudah mengenalkan ke publik sepasang pembaca berita AI pria pada November 2018 lalu. Satu berbahasa Inggris dan satu lagi berbahasa China.

Walau cara bicara mereka sering terhambat dan ekspresi wajah mereka terbatas, pembaca berita ini dapat "bekerja 24 jam sehari di situs resminya dan di berbagai platform media sosial."

Xin Xiaohao. (YouTube/New China TV)
Xin Xiaohao. (YouTube/New China TV)

 

Tapi Xinhua sudah mengungkapkan serangkaian peningkatan pada pembaca berita virtual prianya. Contohnya bisa mengabarkan berita dengan posisi berdiri dan menggunakan bahasa tubuh yang lebih ekspresif untuk menipu mata yang tidak terlatih.

Direncanakan Xin Xiaomeng akan bekerja sama dengan pembaca acara AI pria Xinhua. Mereka akan meliput konferensi politik Dua Sesi di China bulan depan.

Bagi yang kerja di media dan merasa terancam profesinya akan dirampas oleh robot jangan berkecil hati. Pembaca berita virtual ini masih membutuhkan penulis dan editor manusia yang menyediakan salinan untuk mereka baca.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI