Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Deterjen

Bagaimana cara memilih deterjen sesuai jenis pakaian?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 03 Maret 2019 icon 13:15 WIB
Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Deterjen

Mencuci baju. (Unsplash/Anastasia Dulgier)

Mencuci baju ternyata bukan soal bersih saja, melainkan juga meliputi perawatan pakaian agar tidak rusak setelah proses pencucian. Seringkali baju rusak bukan karena pemakaian tapi karena proses pencucian yang salah, terutama dalam memilih deterjen.

Biar pakaianmu tetap terawat, pilihlah deterjen yang sesuai jenis bahan agar baju-baju kesayangan tidak rusak.

''Untuk jenis-jenis pakaian halus, seperti bahan sutra, chiffon, atau voal, kami sarankan gunakan deterjen cair. Sebab deterjen cair langsung menyatu dengan air sehingga proses membilas mudah dan tak tertinggal bubuk-bubuk deterjen di bahan,'' ucap Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group), seperti dikutip dari Suara.com, Sabtu (2/3/2019).

Baca Juga: Canggih, Telur Ini Bisa Mencuci Baju Tanpa Deterjen

Mencuci baju. (Pixabay/RyanMcGuire)
Mencuci baju. (Pixabay/RyanMcGuire)

Selanjutnya untuk bahan pakaian lain seperti jeans, kaus, atau katun, boleh menggunakan deterjen bubuk karena serat-serat bahannya tebal. Jadi untuk pembilasan berkali-kali, bahan tidak cepat rusak.

''Terakhir, deterjen krim atau yang lebih dikenal dengan sabun colek. Itu bisa digunakan untuk mencuci kaus kaki. Untuk bahan-bahan rumah tangga seperti keset, kain lap, atau handuk juga diperbolehkan,'' ujar dia menerangkan soal tips memilih deterjen. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI