Mendaki Gunung Rayakan Hari Perempuan Internasional, Ini Rekomendasinya

Ada beberapa tempat keren untuk mendaki gunung dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional, nih.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Maret 2019 icon 17:05 WIB
Mendaki Gunung Rayakan Hari Perempuan Internasional, Ini Rekomendasinya

Mendaki gunung bareng sahabat. (Unsplash/Ashim D’Silva)

Mendaki gunung bukan hal terlarang untuk perempuan. Kegiatan petualangan ini bisa jadi alternatif untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, lho.

Selama ini, tidak sedikit perempuan yang mengaku masih dibatasi untuk pergi mendaki gunung. Entah karena alasan bahaya, jarak dan kesulitan medan pendakian, hingga adanya aturan kalau pendaki perempuan harus mendaki dengan dijaga teman lelaki atau guide.

Memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret, demi menunjukkan kemandirian dan tidak bergantung saat mendaki gunung, kamu bisa memilih gunung yang tidak terjal dan medan pendakian relatif aman serta tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional: Makeup dan Kampanye Kesetaraan Gender

Siapkan peralatan kemah dan berangkat dengan teman perempuan untuk menjajal gunung tanpa teman laki-laki. Berikut rekomendasi gunung di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula, khususnya perempuan. Dijamin seru!

1. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak, Tanah Karo, Sumatera Utara, menjadi destinasi favorit terutama untuk traveler perempuan karena menawarkan pemandangan instagramable abis, yakni bukit ala Switzerland.

Rute yang bisa dilalui di antaranya melalui Desa Semangat Gunung, akses yang banyak digunakan pendaki pemula. Pendaki dapat naik sepeda motor ke kaki gunung dan memarkirkan motor tepat di kawasan hutan.

Pendaki perempuan cukup ramai ke sini karena lama pendakian hanya sekitar 1 jam. Selain itu, sudah ada jalur aman yang dibuat seperti tangga (dari tanah) untuk mencapai puncak. 

Mendaki gunung bareng sahabat. (Unsplash/Holly Mandarich)
Mendaki gunung bareng sahabat. (Unsplash/Holly Mandarich)

Gunung Prau

Gunung Prau di Dieng, Jawa Tengah juga termasuk gunung dengan puncak terluas di Indonesia. Gunung Prau juga menjadi tempat favorit pecinta alam untuk berkemah sambil menanti matahari terbit yang menawan atau melihat kerlap-kerlip lampu kawasan Dieng dari ketinggian.

Jika cuaca sedang cerah, puncak Gunung Prau menawarkan pemandangan puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

Jalur pendakian Gunung Prau tersingkat yang bisa dilewati adalah dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Kamu akan mencapai puncak kira-kira setelah melakukan pendakian selama kurang lebih 2-3 jam perjalanan. 

Gunung Prau juga terbilang aman untuk perempuan karena penduduk di sana sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga keamanan gunung, termasuk menyiapkan jalur menuju puncak yang bisa dilewati oleh pendaki pemula. 

Ilustrasi cewek petualang. (Unsplash/Kristina Wagner)
Ilustrasi cewek petualang. (Unsplash/Kristina Wagner)

Gunung Andong 

Gunung Andong yang berada di Magelang merupakan gunung yang cocok buat belajar mendaki dan aman untuk perempuan. Apalagi Gunung Andong ini tingginya hanya sekitar 1.726 mdpl.

Jalur pendakiannya mudah dan jelas, dilengkapi sejumlah papan petunjuk jalan. Pendakian dari basecamp hingga puncak memerlukan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki.

Jangan lupa bawa alat camping agar bisa bermalam di puncak untuk melihat sunrise sebelum pulang keesokan harinya.

Tidak perlu takut untuk mendaki gunung di atas karena tidak terlalu terjal dan tinggi. Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan mendaki gunung bersama teman perempuan, yuk! Seru-seruan di puncak pasti jadi momen tak terlupakan bareng sahabat. (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI