Perempuan Miliarder Termuda Versi Forbes, Ini Kunci Sukses Kylie Jenner

Kylie Jenner sukses menjalankan bisnis kosmetiknya, Kylie Cosmetics.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2019 icon 11:06 WIB
Perempuan Miliarder Termuda Versi Forbes, Ini Kunci Sukses Kylie Jenner

Kylie Jenner. (Instagram/@kyliejenner)

Kylie Jenner baru saja mencatatkan sejarah baru dalam daftar orang terkaya di dunia. Ia dinobatkan sebagai perempuan miliarder termuda yang pernah ada versi majalah Forbes.

Seperti dilansir dari Forbes, Jumat (8/3/2019) lalu, perempuan 21 tahun itu meraih kekayaan berkat bisnis kosmetiknya, Kylie Cosmetics. Selama tiga tahun pertama, Kylie Cosmetics hanya dipasarkan secara online. Pada pertengahan November lalu, kosmetiknya mulai dijual di mal.

Kylie Jenner menandatangani kesepakatan dengan secara eksklusif dengan Ulta, distributor yang diplih sebagai pengecer produknya. Adapun beberapa produk yang dipasarkan di Ulta antara lain lipstik liquid matte dan lip linner. Semuanya didistribusikan ke lebih dari 1000 toko.

Baca Juga: 5 Wanita Ini Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes 2019

Dalam sebuah wawancara, Kylie Jenner membagikan kiat suksesnya menjadi miliarder termuda.

Kylie Jenner / Instagram @kyliejenner
Kylie Jenner. (Instagram/@kyliejenner)

''Saya langsung mendatangi beberapa toko, kemudian saya memasarkan lewat media sosial. Apa yang bisa saya lakukan, saya kerjakan, dan sejauh ini, itu berhasil,'' ujar Kylie Jenner.

Kylie Jenner mengakui kesuksesannya didukung oleh loyalitas penggemarnya, terutama pengikut di media sosial. Ia biasanya memasarkan lewat Instagram dan Snapchat. Dari penjualan kosmetik, Kylie Jenner diperkirakan meraup keuntungan hingga USD 900 juta atau setara dengan Rp 12 miliar.

Baca Juga: Inilah Katharina Andresen, Miliarder Termuda setelah Kylie Jenner

Kini Kylie dinobatkan sebagai miliarder muda perempuan. Kesuksesan Kylie di usia muda telah mengalahkan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang berusia 23 tahun saat dia mencapai angka itu.

''Saya tidak mengharapkan apa-apa. Saya tidak melihat masa depan, tapi julukan sebagai miliarder membuat aku tersanjung,'' ujar Kylie.

21 Collection. (Instagram/@kyliecosmetics)
21 Collection. (Instagram/@kyliecosmetics)

Kylie Cosmetics sendiri mulai diproduksi pada 2015 dengan modal yang sangat kecil. Kylie mengatakan saat itu ia hanya memiliki tujuh orang karyawan yang bekerja penuh waktu dan lima orang karyawan part time. Pabrikan dan pengemasan diserahkan kepada Seed Beauty, produsen label tunggal di Oxnard, California.

Sang ibu, Kris Jenner lah yang cerdik mengurus keuangan. Pemasaran dilakukan sebagian besar melalui media sosial, memanfaatkan banyaknya pengikut Kylie Jenner. Dia mengumumkan peluncuran produk, memantau respon pelanggan, hingga melihat jumlah permintaan melalui media sosial.

Kylie Jenner sendiri memiliki total lebih dari 175 juta pengikut di Snapchat, Instagram, Facebook dan Twitter.

Baca Juga: Penuh Sensasi, Ini Deretan Skandal Perselingkuhan Keluarga Kardashian

''Itu adalah kekuatan media sosial. Saya bisa menjangkau seluruh pelanggan,'' ujar Kylie Jenner. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI