Jenis Kelamin Menentukan Besaran Gaji Karyawan Google, Berapaan?

Gaji karyawan Google berjenis kelami lelaki dilaporkan berbeda dengan perempuan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2019 icon 12:18 WIB
Jenis Kelamin Menentukan Besaran Gaji Karyawan Google, Berapaan?

Bekerja di Google. (Unsplash/Arthur Osipyan)

Jenis kelamin ternyata berpengaruh terhadap besaran gaji karyawan Google. Gaji karyawan lelaki di Google dilaporkan lebih rendah daripada gaji karyawan perempuan.

Menurut Tech Crunch, audit pembayaran internal Google ini sendiri merupakan Insinyur Perangkat Lunak Level 4 yang diketahui menerima gaji lebih sedikit dibandingkan dengan karyawan perempuan. Hal itu berlaku meskipun memiliki pekerjaan yang sama.

Perbedaan tersebut membuat Google harus membayar USD 9,7 juta untuk 10 ribu lebih karyawannya. Namun, belum ada kejelasan berapa banyak jumlah karyawan yang akan menerima penyesuaian pembayaran untuk karyawan lelaki.

Pihak Google juga tak memberikan alasan mengapa karyawan lelaki digaji lebih kecil daripada perempuan. Hanya saja, salah satu alasan pihak Google adalah masih dalam penyesuaian dari tahun sebelumnya.

Logo Google. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Logo Google. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Laporan The New York Times menyebutkan, tahun 2017 Google membayar USD 270 ribu untuk menutup 228 gaji karyawan di enam divisi.

Seorang Lead Analyst Google, Lauren Barbato, mengatakan analisis ekuitas gaji karyawan Google memastikan jika kompensasi adil bagi karyawan dalam pekerjaan sama pada tingkat yang sama pula, lokasi, dan kinerja.

Bekerja di Google. (Unsplash/Pawe Czerwiski)
Bekerja di Google. (Unsplash/Pawe Czerwiski)

''Karena level, peringkat kinerja, dan dampak pembayaran promosi, tahun ini kami melakukan tinjauan komprehensif dari proses ini untuk memastikan hasilnya adil dan merata untuk semua karyawan,'' kata Lauren Barbato.

Tak hanya itu, karena perbedaan gaji karyawan Google ini, perusahaan juga sedang berjuang melawan gugatan mengenai diskriminasi upah karyawan. (Suara.com/Dinar Surya Oktarini)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI