PHK Bukan Akhir Dunia, Wanita Ini Tahu Caranya

Dia menemukan jalan keluar setelah PHK.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Maret 2019 icon 12:07 WIB
PHK Bukan Akhir Dunia, Wanita Ini Tahu Caranya

Ilustrasi uang tunai. (Pixabay)

Bagi Ratih yang sudah 15 tahun bekerja di sebuah perusahaan distributor minuman ringan, kata PHK seolah jauh dari kehidupannya yang tentram. 

Ratih tidak pernah menyangka dirinya bakal mengalami pemutusan ini sampai beberapa bulan lalu, perusahaan tempatnya bekerja harus gulung tikar

Kini ia bingung soal nasib keluarga dan dua anaknya. Suaminya hanyalah seorang mandor bangunan dengan gaji UMR, sementara dua anaknya baru saja masuk SMP. 

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Bisa Transfer Uang dan Dapat Komisi Lumayan

Meratapi nasib tentu bukan opsi. Dapur harus tetap ngebul. Roda ekonomi keluarga tetap harus jalan. Setelah kena PHK, Ratih giat mencari pemasukan lain dengan membuat donat dan dititipkan di warung-warung. 

Tapi sayangnya, hasil dari berjualan donat tidaklah seberapa. Ratih masih bingung untuk mencari pemasukan lain. Sampai suatu hari, ia ngobrol dengan kawannya semasa SMK dulu yang kini membuka toko kelontong, Dewi.

''Dulu toko kelontongku sepi, Tih. Tapi untungnya aku jadi agen TrueMoney. dari sana penghasilanku meningkat nggak cuma dari toko kelontong aja,'' ungkap Dewi.

Baca Juga: Tidak Jadi Putus Sekolah karena Alat Pembayaran Elektronik

Dari obrolannya, ia jadi mengenal apa itu TrueMoney, sebuah alat pembayaran elektronik yang berfungsi untuk top up listrik, beli pulsa, transfer uamg tanpa nomor rekening, bayar PDAM, BPJS Kesehatan bahkan bisa kirim uang juga tanpa nomor rekening.

Ilustrasi dagangan di toko kelontong. (Pexels)
Ilustrasi dagangan di toko kelontong. (Pexels)

''Tih, kamu jadi agen TrueMoney aja, komisinya lumayan lho, belum lagi ada promo dan bonus, lumayan untuk tambah-tambah,'' ujar Dewi lagi.

Untuk menjadi agen TrueMoney juga tidak sulit. Hanya membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu. Dari uang pendaftaran tersebut Rp100 ribu akan menjadi stock saldo, sementara sisanya Rp 200 ribu untuk security deposit. Lalu, mesin EDC akan dipinjamkan, jadi tidak ada biaya sewa.

''Wah, menarik nih, modalnya nggak terlalu besar juga,'' batin Ratih.

*** 

Sudah dua bulan Ratih menjadi agen TrueMoney. Kini selain membuat donat, kesibukan Ratih sehari-hari adalah melayani tetangga-tetangganya yang ingin membeli pulsa, transfer uang, beli listrik, kirim uang dan lain-lain.

Baca Juga: Toko Kelontong Jadi Tertolong, Semuanya Berkat E-Money

Tidak menyangka, penghasilan dari menjadi agen TrueMoney itu lumayan besar, bahkan lebih besar dari gajinya dulu sebelum kena PHK.  Ia jadi bisa mengurus anak-anak di rumah tapi tetap berpenghasilan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI