Pameran #IAmTrulyWoman Sebarkan Kepedulian Bahaya Kanker Serviks

Jangan sepelekan bahaya kanker serviks.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Maret 2019 icon 14:46 WIB
Pameran #IAmTrulyWoman Sebarkan Kepedulian Bahaya Kanker Serviks

Ilustrasi kanker serviks. (Shutterstock)

Memperingati Hari Perempuan Sedunia 2019, Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) berkolaborasi dengan fotografer dan penggiat isu perempuan, Diera Bachir, menggelar pameran foto bertajuk #IAmTrulyWoman.

Pameran ini bertujuan meningkatkan kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya melindungi diri, khususnya dalam pencegahan kanker serviks.

Menurut data terbaru GLOBOCAN 2018, diketahui jumlah kasus baru kanker serviks di Indonesia mencapai 32.469 kasus atau 17,2 persen dari presentase kanker perempuan di Indonesia.

Bahkan, kasus kematian akibat kanker serviks mencapai 18.279 per tahun. Itu artinya, sebanyak 50 perempuan Indonesia meninggal setiap hari akibat kanker yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksinasi HPV ini.

Pameran foto #IAmTrulyWoman dimulai  8 - 15 Maret 2019 di Level 4 Atrium Plaza Indonesia Extension [Suara.com/Risna Halidi].
Pameran foto #IAmTrulyWoman dimulai 8 - 15 Maret 2019 di Level 4 Atrium Plaza Indonesia Extension [Suara.com/Risna Halidi].

Angka ini juga meningkat drastis dibandingkan data yang dirilis oleh GLOBOCAN sebelumnya pada 2012 lalu, di mana 26 perempuan dinyatakan meninggal dunia setiap harinya karena kanker serviks.

Tingginya angka kematian akibat kanker serviks menunjukkan betapa kesadaran perempuan Indonesia dalam upaya pencegahan kanker serviks masih sangat minim.

''Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia 2019, KICKS menggagas pameran foto dengan tema #IAmTrulyWoman. Pesan yang ingin kami sampaikan dari tema ini adalah karena peran perempuan sangatlah penting dalam sebuah kehidupan, maka perempuan Indonesia harus bisa melindungi diri dan menjaga kesehatannya, khususnya dalam pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini," kata dr. Venita, MSc, perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, seperti dikutip dari Suara.com.

Ilustrasi kanker serviks. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker serviks. (Shutterstock)

Pameran tersebut juga didukung 28 tokoh perempuan Indonesia yang terdiri dari aktris, penyanyi, desainer hingga fashion influencers. 

Acara yang berlangsung sejak Jumat (8/3/2019) pekan lalu itu masih akan berlangsung hingga Jumat (15/3/2019) besok. 

''Sebagai seorang fotografer, saya selalu ingin menyampaikan sebuah cerita, sehingga melalui pameran ini, saya ingin menyampaikan pentingnya peran seorang perempuan dalam kehidupan bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya,'' ungkap Diera Bachir dalam kesempatan yang sama.

''Tidak hanya didukung oleh para tokoh perempuan saja, namun seluruh tim yang terlibat adalah para perempuan yang kuat dan hebat, yang datang dari berbagai latar belakang profesi baik make up artis, pengarah gaya maupun dekorator,'' tambahnya. (Suara.com/Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI