Rekomendasi 5 Film Inspirasi Karier Perempuan, Sudah Nonton?

Ini bocoran 5 inspirasi karier untuk perempuan berdasarkan karakter dalam film dan serial.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Maret 2019 icon 06:11 WIB
Rekomendasi 5 Film Inspirasi Karier Perempuan, Sudah Nonton?

Perempuan karier. (Unsplash/Brooke Lark)

Film tak cuma menghibur, tapi juga bisa memberi inspirasi, termasuk inspirasi karier untuk perempuan. Begitulah, perempuan masa kini memang bebas memiliki karier dan menjadi apa saja yang mereka inginkan. Tak ada lagi batas bagi perempuan untuk meraih impian.

Masih dalam semangat Hari Perempuan Internasional, kebebasan dalam memilih karier yang kamu sukai harus dirayakan. Perempuan bebas membangun bisnis yang sukses atau menjadi bagian dari manajemen tertinggi dalam sebuah perusahaan.

Lewat beberapa film berikut, kamu bisa berkaca tentang pilihan karier yang sesuai dengan potensi terbesarmu. Pelajari juga, berbagai trik mencapai karier yang sukses dari para pemeran utama perempuan di film-film ini.

Baca Juga: Meghan Markle Ingin Anaknya Jadi Feminis, Ini Alasannya

Dilansir dari rilis Netflix yang diterima Suara.com, jaringan DewiKu.com, inilah 5 inspirasi karier untuk perempuan berdasarkan karakter dalam film dan serial.

1. Guru di daerah terpencil

Menjadi guru adalah pilihan profesi mulia. Jika kamu seorang petualang yang memiliki ketertarikan di dunia pendidikan, kamu mungkin ingin mencoba menjadi guru di daerah terpencil.

Baca Juga: Ternyata Putri Eugenie Buka Akun Instagram di Hari Perempuan Internasional

Ikuti kisah Butet Manurung (Prisia Nasution) di Sokola Rimba. Butet mendapat misi untuk mengajar baca tulis untuk suku Anak Dalam di area konservasi di Jambi, Sumatera Selatan. Ia jatuh cinta dengan tugas tersebut dan itu kemudian menjadi awal mula Butet mendirikan Sokola Rimba.

Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)
Ilustrasi pekerja perempuan. (Unsplash/Andrew Neel)

2. CEO sebuah online fashion start-up

Netflix Original Girlboss menceritakan kisah Sophia Amaruso (Britt Robertson), pengusaha perempuan yang merintis usaha penjualan busana wanita secara daring (online fashion start-up) bernama Nasty Gal di tahun 2008.

Hanya dalam kurun waktu empat tahun, bisnisnya sudah diakui sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat oleh Inc. Magazine, sekaligus membuatnya menjadi salah satu perempuan mandiri terkaya di dunia versi Forbes pada 2016.

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang pengusaha, pelajari bagaimana Sophia mendapatkan inspirasi, menghadapi tantangan, dan mencapai posisi teratas dalam 13 episode Girlboss yang menarik.

3. Managing partner di firma hukum

Dalam Suits, Jessica Pearson (Gina Torres) adalah sosok perempuan yang tangguh dan independen. Ia tahu betul apa yang ia mau dan tidak pernah menyerah untuk mencapainya. Memulai kariernya sebagai pengacara junior, Jessica sukses melampaui rekan kerjanya dan akhirnya berhasil menduduki kursi panas sebagai seorang Managing Partner.

Tentu tidak mudah karena ia harus membuktikan dirinya yang merupakan perempuan berdarah campuran Afrika-Amerika di lingkungan yang didominasi oleh lelaki kulit putih. Melalui serial ini, kamu dapat belajar untuk tidak membiarkan orang lain mendikte apa yang kamu lakukan. Sekali menentukan tujuan, fokuskan pikiranmu dan berikan yang terbaik.

Ilustrasi detektif perempuan. (Shutterstock)
Ilustrasi detektif perempuan. (Shutterstock)

4. Detektif

Inspirasi karier untuk perempuan lainnya adalah menjadi seorang detektif. Netflix Original Stranger berkisah tentang jaksa penuntut yang berkarakter dingin, Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo), yang akhirnya bekerja sama dengan seorang detektif perempuan penuh semangat dan ramah, Han Yeo-jin (Bae Doona).

Keduanya berusaha mengungkap korupsi yang merajalela dan kebenaran di balik kasus pembunuhan berantai. Han Yeo-jin menghadapi kesulitan dalam bekerja sama dengan Hwang Shi-mok. Hal itu karena ia selalu menganggap Han Yeo-jin sebagai detektif perempuan yang tidak mampu dan lemah. Meski begitu perlahan, Han Yeo-jin berhasil membuktikan kemampuannya dan memenangkan rasa hormat dari Hwang Shi-mok.

Menjadi seorang detektif perempuan mungkin terlihat menantang, tapi bisa juga menjadi peluang unik untuk mengeksplorasi potensi diri. Lihat lebih dalam kisah Han Yeo-jin dan kamu bisa belajar bagaimana berhasil dalam profesi ini dan tampil cemerlang dibanding rekan kerja lainnya.

5. Eksekutif PR

Dalam serial Netflix Original Workin’ Moms, Kate Foster (Katherine Barrell) melahirkan anaknya saat ia sedang berada di puncak karier sebagai salah satu eksekutif PR. Setelah kembali dari cuti melahirkan, ia berusaha menemukan keseimbangan antara mengurus anak dengan karier.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Mari Perangi Anggapan Tabu Menstruasi

Serial ini memberikan inspirasi karier untuk ibu rumah tangga, memperlihatkan bahwa kamu tetap dapat menekuni karier yang dicintai sekaligus menjadi ibu yang baik, asalkan bisa menentukan prioritas di keseharian kamu. Pelajari bagaimana Kate membuat keputusan-keputusan besar dalam hidupnya dan mencari keseimbangan antara dua hal terpenting dalam hidupnya: keluarga dan karier. (Suara.com/Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI