Pameran Foto Ini Perlihatkan Kecantikan Model dengan Kondisi Kulit Langka

Kondisi kulit langka yang bisa mengancam jiwa mereka.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Maret 2019 icon 13:15 WIB
Pameran Foto Ini Perlihatkan Kecantikan Model dengan Kondisi Kulit Langka

Ilustrasi perempuan melakukan swafoto. (Unsplash/Kinga Cichewicz)

Sebuah pameran foto bertajuk ''How Do You C Me Now?'' menarik banyak perhatian masyarakat London, Inggris. Pameran tersebut menampilkan foto-foto sejumlah model lelaki dan perempuan yang lahir dengan kondisi kulit langka

Dilansir dari Independent, Minggu (17/3/2019), pameran yang digelar di Oxo Tower Wharf ini bertujuan menginspirasi dunia tentang bagaimana mencintai kulit asli yang dimiliki.

Model-model dalam hasil jepretan fotografer Brock Elbank yang berbasis di London itu tampak hidup dengan kondisi kulit yang berpotensi mengancam jiwa, congenital melanocytic naevus (CMN).

Menurut National Organization of Rare Disorders (NORD), CMN adalah proliferasi berpigmen yang terlihat pada kulit saat lahir dan dapat menutupi hingga 80 persen tubuh.

Ilustrasi fotografi. (Unsplash/Jordan Whitfield)
Ilustrasi fotografi. (Unsplash/Jordan Whitfield)

CMN sendiri adalah faktor risiko yang diketahui untuk melanoma, sejenis kanker yang berkembang dari sel-sel mengandung pigmen.

''CMN bisa berupa bercak atau plak berwarna coklat hingga hitam, dapat hadir dalam berbagai cara, dan mencakup hampir semua ukuran permukaan area atau bagian tubuh mana pun,'' ungkap NORD.

CMN kecil hingga kini diperkirakan terjadi pada lebih dari satu dalam 100 kelahiran, sedangkan CMN besar dan terutama yang raksasa (yang diperkirakan mencakup diameter 20 cm pada tubuh saat dewasa) diperkirakan hadir dalam sekitar 1 dari 50.000 kelahiran.

Ilustrasi hobi fotografi. (Unsplash/Kevin Grieve)
Ilustrasi hobi fotografi. (Unsplash/Kevin Grieve)

Pameran yang didukung oleh badan amal UK CMN, Caring Matters Now, itu menghadirkan 30 foto berbeda dan bertujuan menantang persepsi kecantikan konvensional.

''Orang dengan CMN sering merasa terisolasi karena kondisinya yang langka dan harus berurusan dengan komentar negatif karena penampilan mereka yang berbeda, sehingga mereka memiliki harga diri yang rendah,'' kata juru bicara Caring Matters Now. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI