Jangan Panik, Ini Tips Hilangkan Noda Hitam dan Kerak pada Setrika

Setrika kesayangan jadi seperti baru lagi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Maret 2019 icon 17:03 WIB
Jangan Panik, Ini Tips Hilangkan Noda Hitam dan Kerak pada Setrika

Ilustrasi setrika. (Unsplash/Filip Mroz)

Ibu-ibu pasti paham bagaimana jengkelnya saat ada noda kerak hitam di besi setrika. Pasalnya, noda hitam itu dapat membuat lengket saat bahan-bahan tertentu disetrika sehingga malah menodai pakaian.

Untung saja, kita hidup di era informasi yang penuh dengan tips dan trik bermanfaat. Sebelum membeli setrika baru, kamu bisa menjajal beberapa trik di bawah ini. Dilansir dari Mirror, ini tips mengatasi noda hitam pada setrika.

1. Gunakan parasetamol

Jika suatu hari kamu menemukan setrika ada noda hitam di bagian bawahnya, cukup sediakan sebungkus tablet obat parasetamol. Bukan, bukan ditelan dan noda akan hilang begitu saja. Parasetamol ini ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala, tetapi juga membersihkan noda kerak yang menempel pada alat setrika.

Setrika baju. (Shutterstock)
Setrika baju. (Shutterstock)

Caranya, atur setrika pada suhu panas tertinggi. Kemudian, pegang tablet Paracetamol dengan pinset, dan secara hati-hati gosokkan tablet parasetamol ke permukaan besi yang bernoda. Lakukan hingga noda memudar dan setrikaan kembali bersih sempurna.

2. Soda kue

Kamu juga bisa membersihkan noda dengan menggunakan pasta campuran dari dua sendok makan soda kue dan satu sendok makan air. Oleskan pasta di ujung kain lembut, kemudian gosokkan ke permukaan setrika secara perlahan.

Ilustrasi garam laut. (Unsplash/Jason Tuinstra)
Ilustrasi garam laut. (Unsplash/Jason Tuinstra)

3. Garam laut

Satu lagi, kamu juga bisa menggunakan garam laut untuk mengatatasi noda hitam dan kerak pada setrika. Cukup taburkan garam pada kain katun kering dan mulai gosok kain dengan papan setrika sampai noda terlepas.

Selamat mencoba! (Suara.com/Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI