Ngeri! Pria Ini Hampir Meninggal karena Cotton Bud

Siapa di sini yang masih suka membersihkan telinga pakai cotton bud?

By: Dinar Surya Oktarini icon Kamis, 21 Maret 2019 icon 19:46 WIB
Ngeri! Pria Ini Hampir Meninggal karena Cotton Bud

Ilustrasi cotton bud. (Pixabay)

Saat bagian dalam telinga terasa gatal dan penuh, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah mengambil cotton bud dan mulai mengorek telinga. Meski enak, cotton bud bisa berbahaya.

Bahkan dilansir dari World of Buzz, seorang cowok berusia 31 tahun hampir meninggal karena mengalami infeksi yang parah karena penggunaan cotton bud!

Berdasarkan laporan oleh Live Science, pria yang tidak dikenal itu mengembangkan otitis eksterna nekrotikans yang dimulai di saluran telinganya, sebelum menginfeksi tulang di dasar tengkoraknya dan terus ke atas ke dalam selaput otaknya.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Cotton Bud untuk Kecantikan Wajah

Ilustrasi cotton bud. (Pixabay)
Ilustrasi cotton bud. (Pixabay)

 

Infeksi ini telah menyebar di telinga dan otaknya selama sekitar lima tahun sebelum dokter menemukannya. Pria itu rupanya menderita gejala infeksi selama lima tahun tetapi tidak menyadarinya.

Dia mengatakan kepada dokter bahwa dia telah mengalami rasa sakit dan kehilangan pendengaran di telinga kirinya selama bertahun-tahun tetapi ketika dia pergi ke dokter, dia hanya dirawat karena dua infeksi telinga yang parah.

Keadaan makin buruk ketika ia mulai mengalami sakit kepala yang membuatnya muntah. Infeksi tidak ditemukan sampai ia mulai mengalami gejala neurologis seperti kejang dan tidak dapat mengingat nama orang, sebelum akhirnya pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Para dokter menjalankan beberapa tes termasuk CT scan di otaknya sebelum mereka menemukan bahwa ada dua abses berisi nanah di tulang di dasar tengkoraknya.

Setelah diperiksa lebih lanjut, mereka menemukan ujung kuncup kapas bersarang di salah satu telinganya. Itulah yang membuat kuman bersarang dan menginfeksi.

Beruntung, ia berhasil pulih setelah operasi kecil dilakukan untuk menghilangkan kapas dan ia diberikan antibiotik dua minggu secara intensif untuk memastikan bahwa tidak akan ada infeksi lagi.

Meski kita bermaksud untuk membersihkan telinga, tapi sebaiknya jangan memasukkan benda asing ke dalam telinga, termasuk cotton bud ya. Sebab, kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya kok.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI