Suka Tidur Miring Sambil Main Ponsel, Tulang Belakang Wanita Ini Bengkok

Ada yang hobi tidur miring sambil main ponsel juga?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Maret 2019 icon 11:32 WIB
Suka Tidur Miring Sambil Main Ponsel, Tulang Belakang Wanita Ini Bengkok

Tidur menyamping. (Unsplash/Kinga)

Tidur miring sambil bermain ponsel memang nyaman dan menyenangkan. Namun,  kebiasaan itu ternyata bisa memicu kerusakan pada tulang belakang.

Dilansir dari World of Buzz, seorang gadis 16 tahun dari Kaohsiung, Taiwan, dilaporkan mengalami sakit punggung parah. Setelah berkonsultasi dengan ahli bedah ortopedi, ia melakukan screening tulang belakang. 

Ternyata, sisi kiri tulang belakangnya memiliki kelengkungan hingga 50 derajat.

Baca Juga: BAB Sambil Bermain Ponsel Itu Bahaya!

Dokter menyimpulkan kelengkungan parah itu disebabkan oleh kebiasaan selalu berbaring dengan sisi kanannya di tempat tidur sembari bermain ponsel.

Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Main handphone. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Dia mengatakan bahwa posisi tidur miring itu telah memberikan lebih banyak tekanan pada sisi kanan, terutama pada vertebra toraks dan vertebra lumbalisnya.

Dokter juga menjelaskan jika gadis itu jarang berolahraga sehingga otot-otot intinya tidak cukup kuat menopang tubuhnya dalam posisi tersebut untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)
Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)

Tentu saja, ini bukan satu-satunya masalah postur tubuh yang ditemui dokter. Dokter mengatakan bahwa ada kasus lain yakni pasiennya menderita kelengkungan tulang belakang hingga 38 derajat.

Masalah itu terjadi karena pasiennya sering melihat ke bawah pada ponsel. Dokter kemudian menyarankan agar selalu memastikan postur tubuh baik setiap kali menggunakan ponsel. (Himedik.com/Yuliana Sere)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI