Jajal Diet Alternatif, Wanita Ini Malah Menderita Kerusakan Otak

Tidak semua tubuh cocok dengan diet alternatif.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 06 April 2019 icon 17:04 WIB
Jajal Diet Alternatif, Wanita Ini Malah Menderita Kerusakan Otak

Ilustrasi jus buah. (Pixabay)

Diet alternatif yang menjanjikan detoksifikasi tubuh memang ramai diminati belakangan ini. Namun sayangnya tidak semua tubuh cocok menerapkannya.

Upaya menurunkan berat badan bisa sangat berisiko. Menurut Daily Mail , seorang wanita berusia 40 tahun dari Israel saat ini menderita kerusakan otak setelah diketahui menjalani diet jus tiga minggu.

Wanita itu dilaporkan diberitahu untuk hanya mengonsumsi jus buah dan air sebagai bagian dari dietnya setelah mengunjungi ''terapis alternatif''. Namun, nyatanya yang ada dia malah harus dikirim ke rumah sakit.

Baca Juga: Susut Drastis, Wanita Ini Turunkan Berat Badan dari 135 Kg Jadi 66 Kg

Saat ini ia sedang diobservasi dan dikatakan mengalami malnutrisi parah. Wanita berusia 40 tahun itu, yang sekarang telah berada di rumah sakit selama beberapa hari terakhir, telah menderita kerusakan otak yang bisa jadi tidak dapat diubah.

Ilustrasi jus buah dan buah segar. (Unsplash/Jimena)
Ilustrasi jus buah dan buah segar. (Unsplash/Jimena)

Dia juga dilaporkan memiliki berat kurang dari 40kg setelah pembersihan jus dan diyakini menderita hiponatremia atau ''keracunan air''.

Hiponatremia sendiri adalah suatu kondisi di mana kandungan natrium dalam darah terlalu rendah dan terlalu banyak mengonsumsi air. Ini dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh membengkak, yang pada gilirannya, dapat menyebabkan efek ringan hingga mengancam jiwa.

Baca Juga: Diet Dash, Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Beberapa gejala hiponatremia adalah mual dan muntah, sakit kepala, kejang hingga koma. ''Hiponatremia adalah ketika kadar natrium Anda turun, dan itu bisa mematikan. Jika (pasien) hanya minum jus jeruk dan air putih, itu tidak mengejutkan. Anda perlu mengonsumsi natrium,'' ujar salah satu pakar gizi.

Perempuan minum jus buah. (Unsplash/Igor Starkov)
Perempuan minum jus buah. (Unsplash/Igor Starkov)

Ia mengatakan, banyak orang melakukan detoksifikasi dengan minum jus untuk menurunkan berat badan. Padahal hal tersebut tidak perlu, sebab tubuh secara alami membersihkan diri setiap hari. ''Seluruh gagasan detoksifikasi, tidak ada ilmu yang mendukungnya,'' tambahnya.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Langganan Dituduh Bikin Gemuk, Cek Faktanya

Jadi, jika kamu berencana untuk menerapkan diet apapun, pastikan untuk mempertimbangkan secara menyeluruh sebelum membuat keputusan, ya. Jangan sembarangan menjajal diet alternatif juga.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI