Lifestyle

Jangan Minder, Ini Cara Tingkatkan Percaya Diri Terkait Body Shaming

Mulai sekarang harus lebih percaya diri lagi ya.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi Teman. (Unsplash)
Ilustrasi Teman. (Unsplash)

Dewiku.com - Mencintai diri sendiri adalah cara terbaik untuk bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan anugrahkan kepada kita. Namun ternyata penilaian orang lain terhadap kita bisa berpengaruh tentang cara berpikir dirimu sendiri.

Beberapa stigma mengenai fisik, khususnya kecantikan belakangan ini memang sudah banyak dirubah oleh orang-orang yang menginspirasi. Seperti cantik tak harus mempunyai kulit putih dan bertubuh langsing.

Percayalah bahwa setiap orang mempunyai kecantikan tersendiri yang terpancar dari dalam dirinya. Namun banyak dari kita belum bisa mensyukuri hal itu.

Mulai sekarang jangan minder lagi, di bawah ini ada beberapa cara tingkatkan percaya diri terkait body shamming.

1. Belajar mencintai diri sendiri

Makan burger. (Unsplash/Luísa Schetinger)
Ilustrasi makan dengan lahap. (Unsplash/Luísa Schetinger)

Mulailah dari hal kecil, yaitu banyak-banyak bersyukur. Itu akan memberikan pikiran semangat positif untuk diri sendiri. Hal ini akan menjadi eneri yang besar, tentunya bisa membangun kepercayaan dirimu.

Setelah itu kamu mencari cara untuk menyalurkan energi positif dalam rangka mencintai diri sendiri. Seperti melakukan hal yang kamu suka.

2. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Jika selama ini kamu terus menerus membandingan diri sendiri dengan orang lain, hal tersebut tidak akan ada habisnya. Secara tidak langsung, kamu selalu fokus pada apa yang dimiliki oleh orang lain daripada apa yang kamu miliki.

Mulai sekarang, kamu harus buang jauh-jauh pikiran suka membandingkan itu. Sebab, tak ada orang yang sempurna di dunia ini, kemudian setiap orang sudah mempunyai rezeki dan takdirnya masing-masing.

Daripada sibuk memikirkan orang lain, lebih baik kamu terus berusaha memperbaiki diri ke arah yang lebih positif.

3. Bergabung dengan komunitas yang positif

Teman belanja. (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi teman. (Unsplash/rawpixel)

Daripada kebanyakan nganggur, mending mencari tahu dan bergabung dengan komunitas yang positif. Ini bisa menjadi cara agar pikiranmu selalu positif.

Lingkungan yang positif bisa membantumu menemukan kelebihan yang kamu miliki. Daripada terus menerus fokus terhadap kekurangan, ada baiknya kamu fokus terhadap kelebihan di dalam dirimu yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk dirimu dan orang lain.

4. Olahraga

Salah satu cara tingkatkan percaya diri terkait body shamming adalah olahraga. Bukan menjadi rahasia lagi jika olahraga menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan.

Selain mengatur gaya hidup sehat, olahraga juga nggak kalah penting agar badan selalu bugar. Kegiatan ini juga bisa memperbaiki mood dan melepas stres, lho. Sebab hormon yang kita keluarkan saat berolahraga sangat membantu menghilangkan stres.

Berita Terkait

Berita Terkini