Tak Cuma Kartini, Sejumlah Kisah Perempuan Inspiratif Ini Juga Difilmkan

Selamat Hari Kartini!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 21 April 2019 icon 06:37 WIB
Tak Cuma Kartini, Sejumlah Kisah Perempuan Inspiratif Ini Juga Difilmkan

Potongan adegan film ''Kartini''. (YouTube/Legacy Pictures)

Selamat Hari Kartini! Sekarang perempuan bisa menjadi apa saja sesuai kemampuan dan keinginannya, baik berkarya sebagai atlet, pengusaha, pilot, youtuber, bahkan pemimpin pemerintahan.

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada pada 21 April, beberapa film sepertinya cocok ditonton kembali untuk mengingatkan kita bahkan perjuangan emansipasi wanita tidak dicapai secara instan.

Selain Kartini, ada banyak tokoh perempuan inspiratif lainnya dengan kisah mereka masing-masing. Inilah beberapa kisah perempuan Indonesia dengan berbagai latar belakang yang difilmkan karena sangat menginspirasi perempuan Indonesia.

Baca Juga: Inspirasi Hari Kartini, Begini Perjuangan Petani Kopi Perempuan

1. Kartini (2017)

Dalam film ini, Dian Satrowardoyo tampil ayu, cerdas, dan gemilang sebagai sosok Kartini. Kisah hidup Kartini ditampilkan sangat lengkap di film ini, bukan saja tentang tulisan Kartini dan juga kehidupannya sejak kecil hingga dewasa tapi juga tentang kiprah multidimensi Kartini yang tak banyak diulas.

Disutradarai Hanung Brahmantyo, film ''Kartini'' banyak menampilkan cerita yang tidak begitu diketahui masyarakat, seperti Kartini menjadi pelopor menggerakkan usaha para pengrajin mebel Jepara hingga sebagai pendorong penerjemahan Al Qur'an ke dalam bahasa lokal.

Baca Juga: Promo Hari Kartini 2019, Saatnya Berburu Diskon Spesial Lagi

Potongan adegan film ''Kartini''. (YouTube/Legacy Pictures)
Potongan adegan film ''Kartini''. (YouTube/Legacy Pictures)

2. Tjut Nyak Dien (1998)

Disutradarai Eros Djarot, film ini berkisah tentang perjuangan Tjut Nyak Dien memimpin pasukannya berperang melawan tentara kolonial Belanda.

Ini adalah film peraih Piala Citra 1998 yang menggaet Christine Hakim sebagai pemeran utama. Film ini menunjukkan perjuangan perempuan muda di masa penjajahan yang sangat tangguh dan dapat memimpin pasukan.

3. Athirah (2016)

FIlm ini diangkat dari kisah hidup Athirah yang tak lain adalah ibunda Jusuf Kalla. Diperankan oleh Cut Mini, Athirah jatuh bangun berjuang membesarkan anak-anaknya dengan cara berdagang kain setelah suaminya meninggal.

Perjuangan Athirah sangat besar dalam membentuk karakter anak-anaknya termasuk Jusuf Kalla yang kemudian menjadi pebisnis sukses dan kaya raya.

Disutradarai Riri Riza, film ini tentu juga ditonton langsung oleh Jusuf Kalla dan mendapat pujian.

Petikan trailer film Athirah [YouTube/Miles Films]
Petikan trailer film ''Athirah''. (YouTube/Miles Films)

4. Nyai (2017) 

Film ini diangkat dari kisah hidup perempuan inspiratif Siti Walidah yang kerap dipanggil Nyai Dahlan, Pahlawan Nasional pejuang emansipasi yang juga istri dari KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah.

Tika Bravani memerangkan sosok Nyai yang berperan besar dalam mendukung perjuangan KH Ahmad Dahlan dan mengusahakan pendidikan bagi kaum perempuan dengan membentuk organisasi perempuan Aisyiyah yang berada di bawah naungan Muhammadiyah.

Disutradarai Olla Atta Adonara, film ini cukup mendapat sambutan baik dari keluarga Nyai Dahlan.

5. 3 Srikandi (2016)

Disutradarai Iman Brotoseno, pemain film ''3 Srikandi'' cukup mencuri perhatian karena terdiri dari tiga artis yang cukup diakui aktingnya sekaligus. Mereka adalah Bunga Citra Lestari yang memerankan sosok atlet Nurfitriyana, Chesea Islan sebagai Lilies dan Tara Basro sebagai Kusuma.

Kisah ''3 Srikandi'' bercerita tentang atlet panah yang meraih medali pertama di Olimpiade 1988. Ketiga berjuang keras untuk mewujudkan impian berlaga di ajang Olimpiade dengan peran besar sang pelatih Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang dikenal sebagai ''Robin Hood Indonesia''.

Petikan trailer 3 Srikandi [YouTube/MultivisionPlusID]
Petikan trailer 3 Srikandi [YouTube/MultivisionPlusID]

6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2016) 

Diangkat dari kisah hidup Merry Riana (diperankan Chelsea Islan). Dia jatuh bangun bertahan hidup sebagai mahasiswa perantau yang kesulitan ekonomi pasca kerusuhan 98 di Indonesia. Ia sekolah di Singapura dan berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun.

Merry Riana kini dikenal sebagai motivator perempuan nomor 1 di Asia. Film ini bisa menginspirasi para perempuan untuk meraih kesuksesan bisnis di usia semuda mungkin.

Baca Juga: Sambut Hari Kartini, OSIM Beri Promo Special Bundling

Bagi yang sudah nonton pasti tahu bagaimana kisah perjuangan Kartini dan tokoh perempuan lainnya. Mereka menginspirasi banyak perempuan hingga sekarang dan tidak ada salahnya menonton ulang filmnya di Hari Kartini ini. (Suara.com/Silfa Humairah Utami)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI