Viral Anatomi Payudara Wanita Bikin Merinding, Ini Fakta Menariknya

Banyak yang merasa ngeri setelah melihat penampakan anatomi payudara wanita.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 27 April 2019 icon 13:10 WIB
Viral Anatomi Payudara Wanita Bikin Merinding, Ini Fakta Menariknya

Ilustrasi implan payudara. (Unsplash/Reinaldo Kevin)

Sebuah foto ilustrasi anatomi payudara wanita yang disebut-sebut menampilkan saluran susu menjadi viral di media sosial. Banyak netizen, termasuk para wanita sendiri, menganggap foto terkait sangat tampak mengerikan.

Foto tersebut mulanya diunggah oleh pengguna akun Twitter @lemonadead pada 21 April 2019 lalu. Namun hingga sepekan kemudian, masih banyak yang memberikan respons untuk unggahan tersebut.

Mengutip USA Today, Jumat (26/4/2019), gambar anatomi tersebut tampaknya diambil dari aplikasi iPad bernama Anatomy & Physiology.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Ada Kakek Menikahi Gadis Muda

''Aku baru sadar bahwa aku tidak pernah melihat foto sistem otot wanita. BUKAN seperti ini bayanganku tentang penampakan saluran susu,'' cuit akun @lemonadead.

Banyak netizen yang mengaku ngeri melihat foto itu. Meski begitu, ada pula yang menganggapnya terlihat indah seperti bunga.

Namun rupanya, menurut para ahli, penggambaran anatomi payudara wanita yang viral itu tak sepenuhnya benar. Walau secara anatomis sesuai dan secara teknis mewakili penampakan saluran susu, penggambarannya pada sistem otot dinilai salah.

Baca Juga: Korban Bully, Gadis Kecil Ini Didatangi Anggota Polres Bandung

Redaktur Pelaksana Inner Body Eric Rodriguez mengatakan, lobus dalam ASI tidak terbuat dari otot dan terbungkus dalam jaringan payudara dan lemak.

Foto viral anatomi wanita - (Twitter/@lemonadead)
Foto viral anatomi wanita - (Twitter/@lemonadead)

''Lobus bukan otot, dan mungkin itu yang paling mengganggu bagiku dari fotonya,'' ujar Rodriguez.

''Sebagian besar organ, ketika Anda menggambarkannya, cenderung berwarna merah karena itu adalah warna darah, tetapi ketika Anda menyatukannya seperti ini, kita seakan jadi punya otot-otot berbentuk bunga ini di payudara, dan bukan seperti itu aslinya.''

Dia menambahkan, hal yang membuat gambar tersebut tampak seram adalah betapa simetrisnya lobus. Padahal jika digambarkan secara normal di dalam payudara, tidak berbentuk seperti itu.

Di sisi lain, Ketua Departemen Anatomi di Des Moines University Donald Matz mengatakan bahwa penggambaran anatomi payudara wanita itu akurat untuk mereka yang menyusui dan yang siap melahirkan. Sebaliknya, Matz mengatakan, pada wanita yang tak menyusui, kelenjar-kelenjarnya akan jauh lebih kecil daripada yang ada di foto.

Ilustrasi implan payudara. (Shutterstock)
Ilustrasi payudara. (Shutterstock)

''Lokasinya akurat, secara anatomis. Maksudnya akurat, kelenjarnya tampak membengkak. Namun, juga tidak akurat karena tidak ada jaringan di sekitarnya,'' tutur dia.

Sementara itu, Rodriguez mengatakan, ada baiknya foto anatomi payudara wanita itu menjadi viral. ''Ini bukan sesuatu yang harus ditakuti, itu sesuatu yang membuat Anda terpesona dan belajar lebih banyak,'' kata Rodriguez.

Baca Juga: Ada 2 Hoaks di Balik Viralnya Tagar JusticeForAudrey, Ini Kata Mendikbud

''Ini adalah bagian dari tubuh kita yang kita tinggali dan sungguh menakjubkan betapa kita hampir tak pernah memikirkan tentang bagaimana caranya bekerja,'' kata dia lagi, (HiMedik.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI