Selain Atasi Masalah Pencernaan, Ini 4 Manfaat Minum Air Lemon saat Sahur

Ternyata minum air lemon punya banyak manfaat untuk kita yang sedang berpuasa.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 12 Mei 2019 icon 15:27 WIB
Selain Atasi Masalah Pencernaan, Ini 4 Manfaat Minum Air Lemon saat Sahur

Ilustrasi minuman lemon. (Pixabay/Jill Wellington)

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh penting dilakukan selama menjalani puasa di bulan Ramadan ini. Salah satunya dengan minum air lemon saat sahur. Ada yang sudah coba minum air lemon setiap hari?

Selain bermanfaat untuk memberikan cairan pada tubuh, air lemon juga membantu menjaga dan kekebalan tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk minum segelas air lemon saat sahur.

Anjuran tersebut tidak berlaku untuk kamu yang memiliki masalah lambung atau maag, ya. Minum air lemon di pagi hari dapat melancarkan pencernaan tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho.

Baca Juga: Jangan Jadi Alasan, Ini Tips Jalani Diet Saat Berpuasa

Penasaran dengan penjelasan lebih lanjut tentang manfaat minum air lemon saat sahur? Cek di bawah ini, yuk!

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Lemon dan es batu. (Pixabay/Acatana)
Lemon dan es batu. (Pixabay/Acatana)

Air lemon bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga bisa membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Andalan Program Diet, Air Lemon Ternyata Tak Bisa Membakar Lemak

2. Memperlancar masalah pencernaan

Minum air lemon di pagi hari dapat meringankan masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit. Bila mengalami masalah susah buang air besar, cobalah minum segelas air lemon hangat saat sahur selama Ramadan ini. Jangan lupa untuk imbangi juga dengan minum banyak air putih.

3. Menyeimbangkan kadar pH dalam darah

Lemon water. (Unsplash)
Ilustrasi buah lemon. (Unsplash)

Kandungan di dalam lemon bisa membantu menyeimbangkan kadar pH dalam darah. Produksi alkali dalam tubuh bisa dirangsang agar pH seimbang sehingga mencegah tubuh agar tidak gampang sakit.

Selain itu, minum air lemon juga dapat membantu membuat kulit jadi tampak lebih cantik. Hal ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Mengurangi masalah bau mulut

Baca Juga: Wanita Ini Minum Dua Gelas Air Lemon Setiap Hari, Begini Akibatnya

Manfaat minum air lemon saat sahur lainnya adalah dapat mengurangi masalah bau mulut. Saat puasa, mulut akan terasa kering. Hal ini kadang menimbulkan masalah bau mulut yang cukup mengganggu. Nah, cobalah minum air lemon untuk mengatasinya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI