Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Salat di Mekah

Netizen langsung memuji berjamaah.

By: Agung Pratnyawan icon Senin, 13 Mei 2019 icon 08:19 WIB
Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Salat di Mekah

Ifan Seventeen. (Suara.com/Sumarni)

Diketahui melalui Instagram pribadinya, sudah beberapa hari ini, Ifan Seventeen menghabiskan waktu di Tanah Suci untuk melakukan ibadah Umrah. Ia juga beberapa kali mengunggah momen saat berada di Mekah.

Ia menunaikan ibadah bersama dengan ibunda dan beberapa anggota keluarga lainnya. Pada umrahnya kali ini, ada pengalaman yang tidak terlupakan bagi Ifan. Secara tak sengaja, Ifan Seventeen jadi imam salat masjid di Mekah.

Melalui Instagramnya, Ifan menceritakan mengapa kesempatan itu disebut sebagai imam tidak resmi di Masjid Ayesha Mekah. Diceritakan bahwa ia mengimami salat isya yang diikuti oleh kurang lebih 50 orang makmum.

Awal mula cerita, sebenarnya Ifan bukan ditunjuk oleh pihak masjid untuk menjadi imam. Melainkan ia dan adik iparnya membuat barisan saf baru karena pada saat itu mereka tertinggal salat berjamaah.

Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Sholat Masjid di Mekah. (Instagram/@ifanseventeen)
Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Salat Masjid di Mekah. (Instagram/@ifanseventeen)

''Dari hotel jam 20.00 malem dengan estimasi begitu sampe bisa sekalian solat Isya disana, tapi karna macet pas sampe mesjid pas pula imamnya selesai mengucapkan salam,'' cerita Ifan melalui caption foto yang diunggahnya.

Menurut cerita Ifan, saat itu memang ada satu orang arab yang ingin ikut berjamaah bersamanya. Namun ketika orang tersebut diminta Ifan untuk menjadi imam, ia malah berbalik mempersilahkan Ifan.

Akhirnya salat isya itu dimulai dengan dua makmum saja. Namun siapa sangka, setelah Ifan usai membacakan surat Al-Fatihah, makmum yang mengucapkan 'amin' terdengar sangat ramai.

Setelah mendengar itu, ia mengaku sempat takut salah. Ifan juga memilih untuk membaca surat-surat pendek agar meminimalisir kesalahan.

Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Sholat Masjid di Mekah. (Instagram/@ifanseventeen)
Bikin Kagum, Ifan Seventeen Jadi Imam Salat Masjid di Mekah. (Instagram/@ifanseventeen)

''Dimulai dengan Al-Fatihah, tapi begitu sampe dibagian 'Aminnnn' kenapa jadi rame bangettt suaranya. Agak sedikit gugup, terharu, takut salah, akhirnya mengucap bismillah dalam hati aku lanjutin dengan surat Al-Ikhlas (surat pendek biar aman),'' lanjut Ifan.

Ifan baru tersadar ketika salat selesai dan menengok ke belakang, ternyata ada sekitar lima saf makmum. Diperkirakan pada saat menjadi imam itu ada 50 lebih orang makmum salat isya di Masjid Ayesha Mekah.

Ia juga sempat merekam momen tak terlupakan itu. Memang terlihat pada rekaman tersebut sejumlah jamaah yang selesai melaksanakan salat bersamanya.

''Ini pertama kalinya aku jadi imam solat dengan jamaah sebanyak itu, dan bukan orang Indonesia, dan mesjidnya ditanah suci. Ya Allah terima semua amal ibadah solat Isya kami tadi ya Allah,'' doa Ifan.

''Video di slide ke2 itu jamaah yang tadi aku imamin walaupun setengahnya udah bubar, masyaAllah,'' tutupnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI