Tips Olahraga di Rumah dari Dokter Timnas Perempuan, Tak Perlu ke Gym

Cara mudah olahraga di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 Mei 2019 icon 16:09 WIB
Tips Olahraga di Rumah dari Dokter Timnas Perempuan, Tak Perlu ke Gym

Olahraga peregangan otot. (Unsplash/Jacob Postuma)

Olahraga sejatinya bisa dilakukan kapan dan di mana pun. Namun sebagian orang menganggap olahraga di pusat kebugaran lebih efektif ketimbang olahraga di rumah. Benarkah begitu?

Namun disampaikan Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018, olahraga dapat dilakukan kapanpun dan di mana pun, termasuk menggunakan beban tubuh sendiri.

Baca Juga: Hobi Makan, Ini Rahasia Michelle Joan Tak Memusingkan Berat Badan

"Orang yang melakukan latihan fisik lebih produktif dua kali lipat dibandingkan yang tidak latihan fisik," kata dr Grace dalam temu media di Jakarta, Rabu (15/5/2019) kemarin.

Olahraga di rumah bisa dimulai dari hal kecil, seperti membiasakan diri untuk menaiki tangga menuju ruangan. Di sela-sela menyelesaikan pekerjaan, juga bisa diimbangi dengan berjalan di sekitar meja kerja sehingga tubuh tidak dibiarkan diam.

Ia juga menambahkan, berolahraga tidak harus dengan alat atau pergi ke tempat khusus. Gunakanlah meja untuk melakukan table push up atau melatih otot trisep. Bisa juga dengan melakukan wall squad saat membuka media sosial.

Baca Juga: Cocok untuk Pemula, SHAGA Hadirkan Reebok ZJET 430 Series di Indonesia

Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah. (Shutterstock)

"Lakukan gerakan-gerakan sederhana ini 15x3 set. Yang penting kita aktif karena aktif itu sebenarnya mudah, dan sehat itu gampang dicapai," papar dr. Grace.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan resistance band atau karet untuk menambah beban saat melakukan gerakan workout. Dr Grace mencontohkan, coba injak resistance band menggunakan kaki kanan seraya menekuk tangan yang memegang handle resistance band. Lakukan gerakan serupa dengan kaki yang berlawanan.

"Bisa juga dengan menarik kedua ujung resistance band sampai posisi kedua tangan benar-benar lurus di depan. Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot-otot yang ada pada punggung dan tangan," imbuh dia.

Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)
Olahraga yoga di rumah. (Unsplash/Form)

Dr Grace lalu menyarankan para pemula untuk mulai dengan resistance band yang ringan dan stretchy (melar) karena akan lebih mudah untuk direnggangkan. Nantinya jika sudah terbiasa, barulah mencoba yang levelnya lebih ketat untuk olahraga di rumah.

Baca Juga: Kenalan dengan Paige Spiranac, Atlet Golf Paling Seksi di Dunia

"Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga di rumah. Karena kita bisa melakukannya sambil membaca buku atau hal lainnya tanpa perlu ke gym," tegas dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI