Wanita Belum Menikah Masuk Kelompok Orang Paling Bahagia, Benarkah?

Kamu termasuk wanita belum menikah? Harap tenang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 29 Mei 2019 icon 19:07 WIB
Wanita Belum Menikah Masuk Kelompok Orang Paling Bahagia, Benarkah?

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Hian Olivera)

Ada kabar gembira bagi para wanita single yang belum menikah. Ternyata menurut studi, wanita belum menikah termasuk kelompok orang paling bahagia.

Dilansir dari New York Post, mereka juga lebih mungkin hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang telah menikah dan membesarkan anak, kata Paul Dolan, profesor ilmu perilaku dari London School of Economics.

"Subkelompok populasi yang paling sehat dan paling bahagia adalah wanita yang belum pernah menikah atau memiliki anak," kata Paul.

Baca Juga: Masih Single, Wanita Ini Mantap Siapkan Pernikahan Impian

Paul Dolan menganalisis data dari American Time Use Survey (ATUS) dan menemukan bahwa orang yang menikah mengatakan secara keseluruhan lebih bahagia tetapi hanya ketika pasangan mereka berada dalam jangkauan.

"Orang yang sudah menikah lebih bahagia daripada subkelompok populasi lainnya, tetapi hanya saatpasangan mereka ada di ruangan ketika mereka ditanya seberapa bahagia mereka. Ketika pasangan itu tidak ad, mereka sangat sengsara," ujar Paul Dolan di Hay Festival, Wales, Minggu (26/05/2019).

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi bahagia. (Sumber: Shutterstock)

Hal itu menunjukkan bahwa penanda tradisional yang digunakan untuk mengukur kesuksesan, yakni menikah dan membesarkan anak, tidak berkorelasi dengan kebahagiaan.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Perusahaan China Beri Cuti Kencan pada Karyawan Perempuan

Menurut Paul Dolan, dalam hal pernikahan, pria lebih diuntungkan. "Pria yang telah menikah mengambil risiko yang lebih sedikit dan 'tenang' dan karenanya lebih sehat daripada pasangan lajang mereka," ujarnya.

Ilustrasi perempuan tertawa. (Unsplash/Tyler Nix)
Ilustrasi perempuan tertawa. (Unsplash/Tyler Nix)

Di sisi lain, wanita tidak melihat manfaat yang sama. Kesehatan wanita sebagian besar tidak terpengaruh oleh perkawinan, tetapi wanita setengah baya yang sudah menikah melaporkan lebih banyak masalah mental dan fisik daripada wanita lajang.

Baca Juga: Wanita Sukses Cenderung Gagal dalam Kencan Online, Ini Sebabnya

Nah, pakah kamu termasuk wanita belum menikah? Tidak apa-apa. Kamu malah bisa jadi termasuk orang paling bahagia di dunia, lho.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI