Tips Pintar ketika ART Mudik, Dijamin Nggak Kelaparan Lagi

ART mudik? Nggak masalah, kok.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 28 Mei 2019 icon 15:57 WIB
Tips Pintar ketika ART Mudik, Dijamin Nggak Kelaparan Lagi

Memasak untuk keluarga. (Unsplash/Kevin McCutcheon)

Ibu rumah tangga biasanya kelabakan jika menjelang hari raya. Bukan karena sibuk menyambut tamu, tapi karena ART juga mudik lebaran. Alhasil, rumah jadi berantakan tanpa kehadiran sang asisten andalan.

Agar tak kelabakan saat ditinggal ART mudik, simak beberapa tips pintar yang berhubungan dengan dapur di bawah ini. Jangan sampai penghuni rumah kelaparan gara-gara ART mudik, ya!

Stok bahan kering

Baca Juga: Boys, Baju Koko Pakistan Ini Cocok Dipakai untuk Lebaran, lho!

Pertama, lakukan stok bahan makanan kering jauh-jauh hari sebelum ART mudik. Hal ini sangat membantu jika kita akan mengolah makanan dan salah satu yang wajib ada dalam lemari dapur adalah tepung serba guna.

Selain tepung, pastikan lemari dapur terisi dengan berbagai bahan pasta kering dan mi instan. Bukan untuk dikonsumsi setiap hari, tapi mi instan bisa kita andalkan ketika situasi darurat datang tengah malam, mendadak kelaparan contohnya.

Ilustrasi mie (Pexels/Buenosia Carol)
Ilustrasi mie. (Pexels/Buenosia Carol)

Siapkan makanan beku

Baca Juga: Hijab Syar'i ala Mulan Jameela, Bisa Diintip untuk Inspirasi Lebaran

Selain bahan makanan kering, kita juga bisa menyiapkan makanan beku di lemari pendingin. Nggak melulu nuget ayam dan sosis, kok. Kamu bisa membuat ayam ungkep dan menyimpannya di frezeer agar awet dan bisa langsung digoreng ketika lapar. Praktis, kan?

Pastikan memiliki telur dan kentang

Kenapa telur dan kentang? Karena dua bahan makanan ini tergolong awet dan nggak gampang busuk meski disimpan lebih dari 2 hari. Lagipula, membuat hash brown yang berbahan kentang parut dan telur dadar untuk sarapan bukan hal yang sulit, kan?

Makanan ringan, keripik. (Pixabay/Thomas B.)
Ilustrasi keripik kentang. (Pixabay/Thomas B.)

Jaga nutrisi dengan buah

Jika kamu terlalu malas untuk masak sayuran, pastikan menjaga nutrisi dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan. Kamu bisa pilih buah yang awet dalam lemari es seperti apel, pir dan jeruk. Pisang juga baik untuk menjaga stamina, lho. Jadi nggak ada salahnya kamu menyiapkan pisang di atas meja makan sebagai makanan penutup.

Baca Juga: Kolesterol Jahat dalam Tubuh Bisa Dinetralkan dengan Makanan Ini

Jangan panik lagi walau ditinggal ART mudik, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI