Senang Pamer Foto Pakai Bikini, Dokter Ini Kehilangan Lisensinya

Dokter ini suka menggunggah foto seksi, termasuk saat dirinya hanya mengenakan bikini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 17 Juni 2019 icon 09:09 WIB
Senang Pamer Foto Pakai Bikini, Dokter Ini Kehilangan Lisensinya

Dokter sekaligus model asal Myanmar, Nang Mwe San. (Facebook/@NangMweSanPage)

Pencabutan lisensi dokter asal Myanmar, Nang Mwe San, menimbulkan kontroversi. Pasalnya, pemicu masalah yang menimpa ahli medis sekaligus model itu adalah foto seksi dirinya dengan berbagai pakaian terbuka, termasuk bikini, di media sosial Facebook.

Diberitakan Channel News Asia, Jumat (14/6/2019), Dewan Medis Myanmar menangguhkan lisensi medis Nang Mwe San melalui sebuah surat tertanggal 3 Juni. Ia dianggap berpakaian tak pantas. Tak terima, Nang Mwe San lantas mengajukan banding terhadap keputusan tersebut.

Pada halaman Facebook miliknya, wanita 28 tahun itu diketahui sering mengunggah foto saat mengenakan gaun ketat, pakaian dalam, pakaian renang, dan bahkan pakaian tradisional Burma dengan pose seksi.

Baca Juga: Bikin Cemas, Gaun Joy Red Velvet Dianggap Kelewat Ketat dan Rawan Robek

Nang Mwe San sendiri telah menjadi dokter umum selama empat tahun, tapi sudah tak praktik lagi sejak dua tahun lalu, demi mengejar karier modeling. Pencabutan izin praktek dokter juga membuat Nang Mwe San nantinya dilarang melakukan praktik medis lagi.

Menurut surat keputusan yang dibagikan di Facebook, Nang Mwe San disebut terus mengunggah foto dirinya saat mengenakan pakaian yang dinilai tak sesuai tradisi Burma. Padahal, berdasarkan keterangan dalam surat, ia sudah berjanji untuk tak mengulanginya, setelah mendapat peringatan pada Januari lalu.

Dokter sekaligus model asal Myanmar, Nang Mwe San. (Facebook/@NangMweSanPage)
Dokter sekaligus model asal Myanmar, Nang Mwe San. (Facebook/@NangMweSanPage)

"Saya terkejut dan sangat sedih. Untuk menjadi seorang dokter, itu adalah perjuangan yang panjang," ungkap Nang Mwe San kepada Thomson Reuters Foundation melalui telepon, Jumat lalu. "Apakah saya mengenakan pakaian seksi saat bertemu pasien saya? Tidak pernah."

Baca Juga: Merasa Tertekan, Nenek Terseksi di Dunia Curhat soal Cyberbullying

Sementara itu, Dewan Medis Myanmar tidak merespons ketika dihubungi Thomson Reuters Foundation.

Halaman Facebook Nang Mwe San telah diikuti lebih dari 400 ribu warganet. Meski begitu, tampaknya tak semua followers menyukai wanita berambut panjang itu.

"Kamu harus memilih antara menjadi seorang profesional medis atau seorang eksibisionis. Kamu tidak bisa memilih dua-duanya karena saling bertentangan," komentar salah satu pengguna Facebook.

Ilustrasi bikini. (Unsplash/STIL)
Ilustrasi bikini. (Unsplash/STIL)

Di sisi lain, Shunn Lei, pendiri majalah feminis Myanmar Rainfall, berpendapat kasus Nang Mwe San merupakan contoh kontrol masyarakat terhadap tubuh perempuan di Myanmar.

"Seksisme telah mengakar dalam pola pikir orang Burma. Masalahnya adalah, masyarakat patriarkis kita menganggap peran wanita itu sama dengan untuk melindungi tradisi dan budaya Burma," ungkapnya kepada Thomson Reuters Foundation.

"Setiap kali seorang model berpose untuk foto - foto seksi, itu selalu bertentangan dengan budaya Burma. Tapi apa budaya Burma? Saya tidak begitu mengerti," imbuh dia.

Baca Juga: Pakai Gaun Terlalu Ketat, Artis Cantik Ini Pingsan saat Makan Malam

Nang Mwe San bersikeras akan mempertahankan karier modelingnya. Ia juga mengatakan masih banyak etika dalam dunia medis yang lebih penting untuk dibahas daripada sekadar pekerjaannya sebagai model. (Suara.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI