Bingung Menurunkan Berat Badan? Coba Minum Cuka Apel

Rutin minum cuka apel diyakini berdampak baik.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 30 Juni 2019 icon 20:43 WIB
Bingung Menurunkan Berat Badan? Coba Minum Cuka Apel

Cuka Apel. (Pexels/rawpixels)

Cuka apel telah digunakan untuk tujuan kesehatan selama bertahun-tahun.  Bukan cuma kesehatan, dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang juga menggunakan cuka apel untuk membantu menurunkan berat badan.

Melansir Daily Star, selebriti Hollywood seperti Orlando Bloom dan Katy Perry baru-baru ini rutin mengonsumsi cuka apel merek Bragg. Bahkan aktor Johnny Depp pun mengklaim telah minum cuka apel lebih dari 20 tahun lamanya.

Cuka apel sendiri merupakan sari apel yang difermentasi dengan mengubah apel dan gula menjadi alkohol. Bakteri kemudian ditambahkan yang mengubahnya menjadi asam asetat, bahan aktif dalam cuka.

Baca Juga: Mengunyah Makanan Perlahan Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan ACV bisa membantu orang menurunkan berat badan. Dr Carol Johnston, associate director dari program nutrisi di Arizona State University, mengatakan bahwa cuka apel dapat langsung menarget lemak tubuh.

Dia menyarankan menambahkan sedikit ke dalam makanan untuk mengaktifkan metabolisme. Dengan demikian, lemak lebih banyak terbakar sebagai bentuk pengganti energi alih-alih menyimpannya.

Waspada efek samping sari cuka apel. (Shutterstock)
Cuka apel. (Shutterstock)

Menurut Healthline, minum cuka apel cukup efektif membantu orang mengonsumsi lebih sedikit kalori, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Situs web Nutrisi, Organic Daily Post mengatakan tidak ada jumlah dosis cuka sari apel yang mesti diminum untuk manfaat kesehatan yang ingin didapatkan.

Baca Juga: Secangkir Teh Sebelum Tidur Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi diet. (Unsplash/Jennifer Burk)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Jennifer Burk)

"Karena tidak ada aturan yang keras dan cepat, sebagian besar sumber terkemuka merekomendasikan minum sekitar satu sendok teh hingga satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari," tulis dia.

Baca Juga: Seperti Alat Kejut, Gelang Unik Ini Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Jadi apakah kamu tertarik mecoba menurunkan berat badan dengan minum cuka apel secara rutin?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI