Menyimpan Banyak Bakteri, Serbet Dapur Perlu Dicuci Setiap Hari

Serbet dapur bisa menyimpan bakteri salmonella.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 03 Juli 2019 icon 15:13 WIB
Menyimpan Banyak Bakteri, Serbet Dapur Perlu Dicuci Setiap Hari

Ilustrasi serbet. (Unsplash/Caroline Attwood)

Serbet adalah salah satu benda yang kita pakai setiap hari. Sayangnya, banyak dari kita sering luput memperhatikan kebersihannya.

Melansir dari Metro, Ralitsa Prodanova, seorang ahli kebersihan di Fantastic Services memberi tahu bahwa kita semua wajib mencuci atau mengganti serbet setiap hari. Jika tidak, hal itu akan meningkatkan kemungkinan segala macam kuman jahat hinggap hingga risiko keracunan makanan.

"Serbet sering lembab dan hangat dari penggunaan sebelumnya, memungkinkan bakteri berkembang biak dengan cepat," ungkap Ralitsa.

Baca Juga: Sayuran Ini Rupanya Tidak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 mendukung fakta tersebut. Para peneliti di Universitas Bristol meminta orang untuk menyiapkan makanan di dapur mereka, lalu menganalisis bakteri yang tersisa di berbagai permukaan.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa tidak satu pun keran atau wastafel yang diuji positif untuk bakteri jahat seperti campylobacter atau salmonella. Sebaliknya, bakteri itu justru terdapat pada serbet dan spons cuci.

Ilustrasi serbet. (Unsplash/Liana Mikah)
Ilustrasi serbet. (Unsplash/Liana Mikah)

"Jangan salah, sangat mudah menderita keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri seperti Salmonella dan Campylobacter. Jika infeksi cukup serius, dan kalau pasien sangat rentan, keracunan makanan tak diketahui menyebabkan kematian," terang Ralitsa.

Cukup mengerikan bukan? Jadi sebaiknya demi menghindari bakteri-bakteri tersebut, sediakan tujuh serbet bersih dan berbeda setiap harinya.

Ralitsa juga mengatakan untuk tidak melakukan kontaminasi silang dengan mencuci serbet bersama barang-barang non-dapur lainnya seperti kaus kaki, handuk, dan pakaian kotor.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI