Dikira Bisu, Rupanya Ada Koin Nyangkut di Tenggorokan Wanita Ini

Wanita ini dikira bisu selama 12 tahun.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 14 Juli 2019 icon 16:03 WIB
Dikira Bisu, Rupanya Ada Koin Nyangkut di Tenggorokan Wanita Ini

Ilustrasi leher. (Pexels/Kristina Paukshtite)

Seorang wanita asal Australia kehilangan suaranya dan menjadi bisu selama 12 tahun tanpa mengetahui penyebab pastinya.

Awalnya, dokter mengira wanita bernama Marie McCreadie itu menderita bronkitis dengan laringitis. Namun setelah dilakukan tindakan medis, suara Marie juga tidak kunjung kembali. Ia pun harus menjalani harinya menjadi seseorang tuna wicara sejak usia 13 tahun.

Setelah 12 tahun berlalu, suatu ketika Marie mengalami batuk berdarah hingga membuatnya dilarikan ke rumah sakit. Kala itu, dokter langsung mengambil tindakan dengan mengangkat benjolan merah di tenggorokannya yang tertutup lendir.

Tak disangka, mereka menemukan ada sebuah koin di dalamnya. Saat itulah Marie baru mengetahui penyebabnya tidak bisa berbicara adalah adanya koin yang bersarang selama 12 tahun di tenggorokannya.

"Koin itu bersarang di tenggorokan selama 12 tahun dan semua dokter bingung. Awal aku periksa dulu, tidak ada yang bisa menemukan penyebab pasti suaraku hilang," ungkap Marie, dikutip dari Metro.

Ilustrasi perempuan tidak bisa bicara (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan tidak bisa bicara (Shutterstock)

Padahal saat itu Marie sudah melakukan tes darah dan x-ray, tapi tetap saja dokter tidak menemukan ada koin yang bersarang di tenggorokannya.

Dokter kemudian hanya memintanya melanjutkan hidup sambil rutin berkumur air garam karena suaranya tak bisa kembali meski penyakit laringitisnya sudah diobati.

"Suatu hari setelah 12 tahun berlalu, aku mendadak batuk darah hingga rekan kerja membawaku ke rumah sakit. Saat itu dokter baru menemukan koin yang sudah lama bersarang di tenggorokanku," ujar dia.

Ilustrasi koin. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi koin. (Unsplash/Rawpixel)

Marie mengira koin tersebut bersarang di tenggorokannya saat perayaan Natal di usianya yang masih 13 tahun. Ia mengira tidak sengaja telah menelan koin yang mungkin terselip pada kue atau puding Natalnya hingga menjadi bisu selama belasan tahun

"Saat koin itu diambil, aku mulai bisa bersuara perlahan dan menangis. Aku juga tidak butuh waktu lama untuk berbicara karena selama 12 tahun aku tetap belajar banyak bicara meski tidak mengeluarkan suara," tuturnya. (Suara.com/Shevinna Putti Anggraeni)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI