Dampak Buruk Media Sosial, Ratu Kecantikan Ini Diet Ekstrem Sejak Remaja

Dia menjalani diet ekstrem karena selalu cemas dengan standar tubuh ideal.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 04 Agustus 2019 icon 17:35 WIB
Dampak Buruk Media Sosial, Ratu Kecantikan Ini Diet Ekstrem Sejak Remaja

Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl. (Facebook/Lucy Krogdahl)

Ada sangat banyak alasan yang membuat seseorang melakukan diet ekstrem. Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl, bahkan mengaku sampai mengalami masalah kesehatan mental karena obsesinya.

Dilansir dari Daily Mirror, ratu kecantikan satu ini mulai melakukan gaya hidup yang sebenarnya justru menyiksa dirinya sendiri sejak masih berusia 14 tahun. Ternyata itu adalah pengaruh buruk media sosial.

Lucy terobsesi dengan foto-foto tubuh indah di Instagram dan merasa gagal karena tak bisa seperti itu. Dia pergi latihan di gym hingga tiga kali sepekan. Makannya juga sangat sedikit karena khawatir akan mempunyai bentuk tubuh tidak ideal jika dirinya tak hati-hati.

Baca Juga: Hore! Ternyata Hobi Gosip Punya 5 Manfaat bagi Kesehatan Mental

Dia selalu membandingkan dirinya dengan wanita cantik dan seksi di media sosial. Mereka begitu sempurna sehingga Lucy menjadikan mereka panutan. Namun, itu malah membuat kondisi tubuhnya menjadi lebih buruk.

Dia mengalami penurunan berat badan hingga 10 kg ketika masih berumur 15 tahun, yakni dari 57 kg menjadi 47 kg. Diet ekstrem pun membuatnya mengalami masalah kecemasan akut hingga dapat melukai dirinya sendiri.

Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl. (Facebook/Lucy Krogdahl)
Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl. (Facebook/Lucy Krogdahl)

Lucy pada akhirnya menjalani perawatan di pusat kesehatan mental untuk anak-anak dan remaja. Syukurlah, dia dapat pulih secara psikologis dan berhenti melukai diri sendiri dalam kurun waktu sekitar setahun.

Baca Juga: Selain Patah Hati, Korban Selingkuh Rawan Alami 5 Dampak Negatif Ini

Bekas-bekas luka hasil perbuatannya dulu kemudian dia tutupi dengan tato bermotif bunga lavender dan peony serta lebah.

Gadis yang kini berusia 19 tahun itu juga mengungkapkan, ajang Miss Lincoln 2019 turut memberinya kekuatan untuk terus memupuk kepercayaan diri.

Dia sekarang terdaftar sebagai finalis Miss England 2019. Lucy menyatakan dirinya sempat ragu dan berhenti dari ajang kecantikan itu saat harus mengikuti sesi foto baju renang. Dia masih maju jika bekas-bekar luka di tubuhnya terekspos.

Meski begitu, Lucy akhirnya bisa menerima sesuatu yang selama ini dia anggap sebagai kekurangan.

Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl. (Facebook/Lucy Krogdahl)
Miss Lincoln 2019, Lucy Krogdahl. (Facebook/Lucy Krogdahl)

"Aku mulai berpikir mereka adalah bagian dari diriku dan aku semestinya tidak menyembunyikannya. Aku tidak perlu malu," tutur Lucy.

Lucy yang sempat terobsesi diet ekstrem ini sekarang juga aktif mengampanyekan seputar kesehatan mental di sekolah-sekolah. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Lincoln, dia pun berharap bisa bergabung dengan Angkatan Udara Kerajaan Inggris sebagai tenaga medis.

Selain itu, tentu saja Lucy Krogdahl berharap bisa memenangkan kompetisi Miss England 2019.

Baca Juga: Diduga Terlibat Teroris, Ratu Kecantikan Disidang di Inggris

"Aku harap aku bisa menyampaikan pesan itu (mencintai diri sendiri apa adanya-red) kepada orang lain kalau memenangkannya. Aku ingin orang terinspirasi dengan kisahku," ungkap dia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI