Tips dari Dokter Kerajaan, Caranya Tetap Sehat seperti Ratu Elizabeth II

Di usia yang hampir satu abad, Ratu Elizabeth II masih terlihat bugar.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 12 September 2019 icon 15:22 WIB
Tips dari Dokter Kerajaan, Caranya Tetap Sehat seperti Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. (Shutterstock)

Ratu ELizabeth II dari Kerajaan Inggris sekarang sudah berusia 93 tahun. Hampir berumur satu abad, sang Ratu masih terlihat sangat sehat dan bugar untuk melakukan aktivitas yang cukup padat.

Dilansir dari Brightside, Ratu Elizabeth II diketahui punya dokter pribadi untuk membantu mengontrol dan menjaga kesehatannya.

Ia adalah Mosaraf Ali, dokter pribadi Kerajaan Inggris. Di dalam bukunya yang berjudul "Dr. Ali's Nutrition Bible", ia berbagi tips memperoleh hidup yang baik dan sehat seperti keluarga kerajaan.

Baca Juga: Disapa Tamu yang Tak Kenali Dirinya, Ratu Elizabeth II Langsung Usil

Dokter Mosaraf menulis bahwa menjalani gaya hidup sehat membuat kita jarang sakit. Dikatakan bahwa 80 persen penyakit tidak perlu membutuhkan penanganan dokter.

Berikut adalah lima tips dari dokter kerajaan jika ingin sehat seperti Ratu Elizabeth II di usia senja.

Kebersamaan Ratu Elizabeth dan Meghan Markle. (Instagram/@kensingtonroyal)
Kebersamaan Ratu Elizabeth dan Meghan Markle. (Instagram/@kensingtonroyal)

1. Perhatikan kualitas tidur dan seleran makan

Baca Juga: Fakta Baru, Pangeran Charles Akui Tidak Mencintai Putri Diana

Berdasarkan penuturan dari Dr. Mosaraf, orang yang sehat adalah orang yang bisa dengan mudah tidur nyenyak. Orang yang sehat bakal bangun dengan penuh rasa bugar dan aktif sepanjang harinya. Mereka baru akan merasakan lelah di malam hari.

Hal ini menandakan bahwa kondisi otot, saraf, dan tulang mereka baik-baik saja. Selain itu, juga menjadi pertanda bahwa kamu mempunyai aliran darah yang lancar.

Tanda lain yang bisa mengindikasikan bahwa kondisi kesehatanmu baik adalah kamu tidak kehilangan selera pada makanan apapun dan tak makan terlalu banyak tapi teratur.

Menurut Dr. Mosaraf, keriput, kantung mata, mata panda, dan beberapa masalah lainnya tidak selalu menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Hal itu cuma karena setiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda, tergantung pada gen dan perawatan yang dilakukan.

Ilustrasi perempuan tidur (shutterstock)
Ilustrasi perempuan tidur (shutterstock)

2. Lidah bisa mendeteksi kesehatan

Jika ujung lidahmu berwarna merah, itu bisa mengindikasikan bahwa jantungmu mungkin sedang bermasalah atau kamu terlalu banyak karbohidrat seperti coklat, permen, dan lainnya.

Sedangkan kalau pada lidah terdapat plak abu-abu, itu menunjukkan bahwa fungsi ususmu sedang terganggu. Kamu mungkin sedang mengalami sembelit.

Kalau kamu mendapati bintik merah gelap pada lidahmu bertanda bahwa kamu anemia dan warna kuning menandakan bahwa kamu mengalami masalah pada hatimu.

Penyakit maag atau gastritis juga bisa terlihat dari lidah yang memiliki garis yang dalam. Jika lidah terlihat keriput dan mempunyai lapisan air liur yang transparan berarti kamu kurang minum.

Jadi perhatikanlah kondisi lidahmu setiap hari. Jika warnanya berubah, segera konsultasikan ke dokter.

Ilustrasi makanan sehat. (Shutterstock)

3. Pilih makanan bernutrisi

Nutrisi adalah hal yang paling penting bagi kesehatanmu. Makanlah lebih banyak sayur dan buah dibanding makanan kalengan. Kemudian, disarankan mengganti jus buah dengan wortel, apel, jahe, dan seledri.

Selain itu, protein juga hal terpenting bagi tubuh. Bagi para vegetarian, bisa mengganti protein dari daging dengan tahu, keju, susu almond, dan lainnya.

Bagi yang bukan, lebih disarankan untuk mengganti daging dengan ayam atau kalkun. Berhentilah memakan makanan cepat saji, keju, jamur, serta makan garam sesedikit mungkin.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa makan makanan yang hanya terdiri dari buah dan sayur setiap seminggu sekali. Hal terpenting, pastikan kamu telah meminum air yang cukup, yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas sehari.

4. Diet sehat

Untuk sarapan, kamu dapat memilih makanan yang ringan namun kaya akan protein seperti telur, almonds, dan keju. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan buah, sereal, dan yogurt.

Ilustrasi diet. (Shutterstock)
Ilustrasi diet. (Shutterstock)

Sedangkan untuk makan siang, penting untuk mengonsumsi kombinasi terbaik dari sayur, protein, dan karbohidrat. Kamu juga dapat mengonsumsi hidangan penutup yang tidak terlalu manis.

Untuk makan malam, sebaiknya diselesaikan pada pukul 7 hingga 8 malam. Konsumsilah makanan yang ringan dan hindari makanan pedas, berat, atau manis karena bisa mengurangi kualitas tidur.

5. Jaga postur tubuh

Dokter pribadi Ratu Elizabeth II juga merekomendasikan beberapa cara sederhana yang bisa membuat tulang belakang tetap tegap. Saat duduk ataupun berdiri, selalu usahakan kepalamu lurus ke depan. Angkat dagu sampai kamu merasa bahwa leher dan bahumu tidak berlipat.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Ternyata Menghindari Warna Pakaian Ini, Kenapa?

Dorong bagian bahumu ke belakang biar kamu dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri. Gunakan teknik ini saat kamu merasa badanmu mulai pegal. Praktekkan setiap hari agar kamu mempunyai postur tubuh yang bagus.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI