Tak Bikin Semangat, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sarapan

Sebab, makanan di bawah ini tidak mempunyai cukup serat dan protein untuk meningkatkan energimu di pagi hari.

By: Dany Garjito icon Selasa, 15 Oktober 2019 icon 18:25 WIB
Tak Bikin Semangat, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sarapan

Ilustrasi sereal. (Pexels/Life of Pix)

Sebelum memulai aktivitas yang padat, memang sangat disarankan untuk sarapan. Hal ini bermanfaat untuk mengisi tenaga di dalam tubuh.

Namun mengonsumsi sarapan yang salah justru bisa membuat kamu kehilangan tenaga. Bahkan bisa merasakan lebih lapar pada siang dan malam harinya.

Dilansir dari laman The Healthy, di bawah ini ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sarapan agar badan tidak mudah lemas. Apa saja?

Baca Juga: Tak Memberi Solusi, Hindari Konsumsi 3 Hal Ini ketika Stres

1. Sereal dengan serat rendah

Sereal dengan serat rendah sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Sereal yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula tinggi namun seratnya rendah sehingga akan membuat kadar gula darahmu meningkat.

Ahli nutrisi Mitzi Dulan, RD, yang berbasis di Kansas City, menyarankan untuk memilih sereal dengan kandungan serat minimal 3 gram pada tiap penyajian. Kamu juga dapat meningkatkan asupan serat dengan menambahkan buah beri, taburan gandum atau irisan almond.

Baca Juga: Supaya Maksimal, Hindari 4 Makanan Ini sebelum Sesi Latihan Yoga

Makan sereal dan susu (Pixabay/ponce_photography)
Makan sereal dan susu (Pixabay/ponce_photography)

2. Smoothie siap saji

Kebanyakan smoothie yang dijual di toko-toko hanya mengandung sedikit buah dan sayuran asli dan lebih banyak gula serta sirup jagung berfruktosa tinggi.

Mengonsumsi minuman seperti ini setiap pagi dapat membuat berat badan naik secara tidak sehat. Untuk meningkatkan nutrisinya, dapat menambahkan campuran bayam atau kubis.

3. Yogurt non-fat

Yogurt non-fat akan membuat sarapanmu menjadi terlalu sedikit. Sarapan yang terlalu sedikit akan membuatmu jadi cepat lapar dan makan dengan lebih banyak setelahnya.

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

Kalori yang direkomendasikan untuk sarapan pagi sekitar 250 hingga 400 kalori tergantung pada berat dan tingkat aktivitasmu.

Jadi jika kamu ingin mengonsumsi yogurt maka dapat menambahkan semangkuk kecil oatmeal dengan buah segar untuk meningkatkan energi.

4. Jus kemasan

Banyak orang mengonsumsi jus sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya jus sangat tidak disarankan karena kandungan karbohidrat dan gula yang terkandung di dalamnya tidak seimbang dengan nutrisinya.

Selain itu jus juga tidak memiliki protein yang cukup sehingga akan membuatmu menjadi lebih lapar setelahnya. Untuk mengakalinya kamu bisa menambahkan makanan yang memiliki kandungan serat, protein dan lemak sehat.

Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)

5. Kopi

Kopi adalah salah satu yang paling populer untuk menggantikan sarapan pagi. Namun ternyata beberapa jenis kopi justru mengandung banyak karbohidrat dan gula.

Baca Juga: Punya Penyakit Aneh, Pria Ini Emosi Dengar Suara Orang Kunyah Makanan

Karena sering kali orang menambahkan gula atau bahan lain yang dapat meningkatkan kalori tanpa meningkatkan serat dan protein. Kafein memang dapat meningkatkan energimu, tetapi tidak akan membuatmu merasa kenyang sepanjang pagi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI