Lifestyle

Lidah Buaya Juga Bisa Bantu Atasi Ketombe, Lho

Lidah buaya tak cuma melembapkan.

Dany Garjito | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jus lidah buaya. (Pixabay/difotolive)
Ilustrasi jus lidah buaya. (Pixabay/difotolive)

Dewiku.com - Ada banyak produk yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Tapi jika ingin cara yang lebih alami dan tetap ampuh, aloe vera atau lidah buaya bisa menjadi solusi.

Dilansir dari Healthline, gel yang terdapat di lidah buaya dapat memberikan efek dingin pada kulit kepala yang mengalami inflamasi.

Dari penelitian yang sudah dilakukan, terdapat hasil bahwa kepala yang dirawat dengan lidah buaya mengalami pengurangan kulit mengelupas dan tidak gatal.

Pada penelitian lain, terbukti pada orang yang mengalami kondisi kulit seborrheic dermatitis, yakni kulit bersisik dan berketombe di area wajah makin membaik hingga 80 persen.

Selain mengandung anti-inflamasi dan enzim yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan, terdapat pula antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel di kulit kepala.

Perawatan rambut dengan lidah buaya. (Shutterstock)
Perawatan rambut dengan lidah buaya. (Shutterstock)

 

 

Bagi yang ingin mencoba, hal yang diperlukan hanya daun lidah buaya yang masih segar. Lalu potong bagian luar daun untuk mendapatkan gel di dalamnya.

Simpan gel di wadah tertutup. Akan lebih baik jika ditaruh di dalam freezer karena bisa bertahan hingga seminggu atau lebih.

Gunakan gel tersebut sebelum atau sesudah keramas. Ratakan gel lidah buaya di seluruh permukaan kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.

Gel aloe vera. (Shutterstock)
Gel aloe vera. (Shutterstock)

 

Terakhir, bilas menggunakan shampo hingga bersih. Lakukan rutinitas ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dan lihat hasilnya. Namun pastikan dulu jika kamu tidak memiliki alergi pada lidah buaya ya. Kalau tidak, ketombe akan semakin parah.

Berita Terkait

Berita Terkini