Betah Main Gadget 10 Jam Sehari, Gadis Ini Alami Buta Warna

Seorang gadis 16 tahun mengalami buta warna karena kebiasaan buruk main gadget.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 19 Oktober 2019 icon 13:37 WIB
Betah Main Gadget 10 Jam Sehari, Gadis Ini Alami Buta Warna

Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Seorang gadis usia 16 tahun dari Kaohsiung mengalami buta warna karena keseringan bermain gadget selama liburan musim panas.

Menurut dr Hung Chi-ting, paparan sinar biru dari ponsel merusak beberapa sel mata yang akhirnya menyebabkan kebutaan warna. Ia juga mengatakan, kondisi gadis yang akrab disapa Liu ini baru pertama kalinya di dunia.

Sebelumnya, Liu sering main gadget hingga 10 jam sehari. Biasanya ia juga melakukan aktivitas itu di ruang gelap selama liburan.

Baca Juga: Ngeri, Wanita Ini Tak Bisa Gerakkan Jari akibat Main Gadget

Ia mulai menyadari buta warna ketika tak mampu membedakan lampu lalu lintas hingga menyebabkan kecelakaan. Liu pun sempat khawatir kalau penglihatannya perlahan akan meredup dan mengalami kebutaan total.

Oleh karena itu, Liu memutuskan pergi ke dokter. Dia lalu menjalani perawatan tahap awal pada September 2019 untuk mengatasi kondisi matanya.

Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Charis Gegelman)
Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Charis Gegelman)

"Saya tidak tahu lampu warna merah. Seorang teman sempat menarik saya ketika saya hendak menyebrang jalan karena tidak tahu bahwa lampu masih merah," kata dia, dikutip dari Asia One.

Baca Juga: BAB Sambil Bermain Ponsel Itu Bahaya!

Setelah melakukan perawatan tahap awal, Hung menyarankan Liu untuk mengurangi aktivitasnya bermain gadget selama pengobatan matanya.

Baca Juga: Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Ilustrasi ponsel. (Unsplash/Ooi Jiat)
Ilustrasi ponsel. (Unsplash/Ooi Jiat)

Ia juga menyarankan kepada semua orang agar tak bermain ponsel lebih dari 5 jam sehari. Selain itu, penting untuk mengistirahatkan mata paling tidak 10 menit setiap 30 menit saat main gadget.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI