Indonesia Bagaikan Surganya Para Vegan, Ini Alasannya

Salah satunya berkaitan dengan letak geografis Indonesia sebagai negara tropis.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 November 2019 icon 10:16 WIB
Indonesia Bagaikan Surganya Para Vegan, Ini Alasannya

Ilustrasi menu makanan vegan. (Unsplash/Alexandra Golovac)

Gaya hidup veganisme atau konsep hidup yang berusaha semaksimal mungkin menghindari eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan memang diinisiasi dari Amerika. Namun, apakah Amerika juga menjadi negara idaman para vegan?

Tahukah Anda? Tenyata dibanding negeri Paman Sam yang merupakan asal muasalnya, para vegan justru lebih senang hidup di Indonesia.

Menurut vegan influencer Anna Bella, hal ini lantaran di Indonesia sebagai negara tropis yang hanya memiliki hanya dua musim, kita akan lebih mudah mendapatkan bahan-bahan pangan segar dibandingkan di negara 4 musim yang punya musim dingin.

Baca Juga: Ditipu Makan Nugget Ayam, Wanita Ini Melapor ke Polisi

"Menurut aku, Indonesia salah satu negara paling gampang dan paling murah karena kita ada buah sama sayuran. Kalau kita tinggal di Kanada lagi musim dingin, kan susah dapat buah dan sayuran segar," ungkap Anna Bella di Woke Space, Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2019) kemarin.

Vegan Influencer, Anna Bella. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
Vegan Influencer, Anna Bella. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Tak lupa, di Indonesia ada yang namanya tempe, makanan olahan yang terbuat dari kacang kedelai. Tempe sendiri merupakan salah satu makanan andalan para vegan.

Jika bisa menemukan tempe di luar negeti, tapi kata Anna, tidak pernah seenak di Indonesia sebagai negara asalnya.

Baca Juga: Lama Vegan, Anne Hathaway Cerita Pengalaman Pertama Kembali Makan Daging

"Di Amerika tempe nggak seenak di Indonesia. Kedua, itu bahan-bahan lebih mahal di luar negeri," ujarnya.

Gadis yang juga konten kreator ini berkata, ada banyak bahan pangan yang bisa diolah di Indonesia. Oleh karenanya, para vegan tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Mereka bisa berkreasi dengan berbagai jenis pangan.

Makan buah alpukat. (Unsplash/Olesia Buyar)
Makan buah alpukat. (Unsplash/Olesia Buyar)

Indonesia, menurut perempuan ini, juga sangat kaya dengan bumbu-bumbu beraneka rasa. Bumbu-bumbu ini bisa tetap dikonsumsi oleh para vegan.

Baca Juga: Wanita Ini Tega Mengancam Ibunya karena Masak Saus Daging

"Sebenernya, sih, orang Indonesia dulu nggak konsumsi banyak susu, dan itu baru-baru ini, karena kita ngikutin diet barat. Semua kebanyakan saus kita, kuah bumbu, nasi, sudah vegan. Jadi menurut, aku sangat-sangat gampang di Indonesia," tutup dia. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI