Panduan Jam Makan yang Tepat saat Diet, Masih Boleh Ngemil!

Berikut jadwal makan yang bisa diterapkan saat diet.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 17 Desember 2019 icon 12:13 WIB
Panduan Jam Makan yang Tepat saat Diet, Masih Boleh Ngemil!

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti hanya boleh makan sekali sehari. Bukannya kurus, itu malah bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Mengutip Hello Sehat, sebaiknya Anda tetap makan seperti biasa dengan jadwal berikut:

1. Sarapan

Baca Juga: Susut 17 Kilogram, Penampilan Shindong Super Junior Bikin Pangling

Sebuah penelitian tahun 2015 dalam jurnal internasional Obesity menyebutkan konsumsi sarapan tinggi protein pada pukul 6 sampai 9.45 pagi paling ampuh mencegah penumpukan lemak serta munculnya rasa lapar palsu seharian.

Ahli gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, Jim White, juga sepakat dengan itu. Menurut dia, makan satu jam setelah bangun tidur adalah waktu terbaik. Jangan menunggu sampai jam 10 pagi baru sarapan.

Ilustrasi roti gandum untuk sarapan sehat. (Shutterstock)

2. Camilan pagi

Baca Juga: Lama Tak Ada Kabar, Penampilan Baru Adele Curi Perhatian

Ngemil di pagi hari memang tak wajib. Namun, kalau Anda terbiasa sarapan sangat pagi sedangkan jam makan siangnya masih lama, camilan sehat bisa jadi solusi.

Demi memastikan camilan pagi tidak menumpuk jadi lemak, pastikan Anda ngemil 2-4 jam setelah sarapan. Itulah waktu yang dibutuhkan bagi sistem pencernaan untuk mengolah makanan Anda ketika sarapan. Jadi saat Anda ngemil, tubuh memang sudah siap untuk kembali memproses makanan yang masuk.

3. Makan siang

Para peneliti dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, makan siang lebih cepat terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan makan siang yang waktunya sudah kesorean.

Berdasarkan studi lain dalam International Journal of Obesity, disebutkan juga bahwa kita dapat menurunkan berat badan 25% lebih banyak kalau makan sebelum pukul 3 sore.

Ilustrasi buah-buahan potong. (Shutterstock)
Ilustrasi buah-buahan potong. (Shutterstock)

4. Camilan siang

Seperti camilan pagi, kuncinya adalah 2-4 jam setelah makan berat. Tentu saja Anda juga mesti memilih camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang.

5. Makan malam

Usahakan makan malam pukul 5 sore hingga paling lambat pukul 7 malam. Jam makan ini dinilai paling tepat supaya tubuh sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna ketika Anda pergi tidur.

Baca Juga: Balas Dendam Epik, Wanita Ini Ceraikan Suami setelah Jadi Kurus dan Cantik

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk membakar kalori dan lemak. Namun kalau Anda makan sebelum tidur, tubuh jadi tak sempat membakar kalori dan lemak karena masih sibuk mencerna makanan.  

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI