Pandemi Covid-19 Bikin Cemas dan Sulit Tidur? Ini 6 Solusinya

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan rasa panik, cemas, dan khawatir bagi banyak orang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 31 Maret 2020 icon 18:11 WIB
Pandemi Covid-19 Bikin Cemas dan Sulit Tidur? Ini 6 Solusinya

Dibayar untuk tidur. (Unsplash/Zohre Nemati)

Memastikan waktu tidur cukup termasuk cara untuk menjaga kesehatan, terlebih di tengah pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang. 

Hanya saja kabar mengenai terus mewabahnya virus tersebut terlanjut menimbulkan rasa panik, cemas, dan khawatir. Akibatnya, kualitas tidur pun terganggu.

"Kita tahu bahwa tidur langsung terkait dengan kekebalan tubuh. Jika kita tidak tidur, sistem imun kita bakal menurun, banyak inflamasi dalam tubuh, yang membuat kita semakin rentan terhadap bermacam-macam virus," tutur Brittany LeMonda, PhD, senior neuropsikolog di Lenox Hill Hospital, New York, seperti dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Beauty Enthusiast, Simak 7 Tips Aman Berdandan saat Wabah Covid-19

Dengan kata lain, kualitas tidur berperan besar dalam kemampuan tubuh mencegah virus corona. Namun, jika kamu menjadi salah satu yang sulit tidur karena khawatir akan wabah virus corona, cobalah beberapa tips berikut untuk mengatasinya.

1. Jaga rutinitas harian

Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).
Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).

Rutinitas harian terganggu karena pandemi ini. Banyak sekolah yang diliburkan atau bekerja dari rumah. Ada juga yang berusaha menyeimbangkan pekerjaan dengan keluarga karena sekarang anak-anak lebih banyak di rumah.

Baca Juga: Duh, Berikut 7 Dampak Pandemi Covid-19 bagi Industri Mode dan Kecantikan

Oleh karenanya, penting untuk menjaga rutinitas tetap terjaga agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika kamu bekerja dari rumah, tetap usahakan bangun di jam yang sama dan mandi.

Kamu memang berada di rumah saja, namun tetap menjaga rutinitas seakan berada di kantor, bakal membuat rasa terganggumu sedikit berkurang.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Ilustrasi tidur siang (Shutterstock)

Jika kamu sedang menjalani karantina diri dan bekerja dari rumah, seringkali kamu justru lebih tertarik tidur. Akibatnya, kamu jadi kebanyakan tidur siang.

Berlebihan tidur siang justru akan membuatmu semakin sulit mengantuk dan berpotensi mengganggu rutinitas tidur di malam hari. Punya rutinitas tidur yang normal membuat hidupmu lebih teratur, dan gantilah keinginan tidur siang itu dengan rutinitas sehat seperti bangun lebih awal dan selesaikan pekerjaanmu lebih cepat.

3. Berolahraga

olahraga dan yoga. (shutterstock)
olahraga dan yoga. (shutterstock)

Berada di rumah saja seharian bukan berarti tak bisa berolahraga. Olahraga juga penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Walau berada di rumah, pilihan untuk berolahraga tetap tidak terbatas. Utamakan berolahraga di pagi atau siang hari. Namun, ingat untuk tak melakukannya beberapa jam sebelum waktu tidur karena akan menstimulasi tubuh dan menyulitkan kita untuk tertidur.

4. Kendalikan asupan berita

Menonton TV (shutterstock)
Menonton TV (shutterstock)

Membanjirnya informasi dan berita mengenai virus corona membuat seakan mustahil bagi kita untuk berhenti mengikuti. Hal ini juga yang bisa meningkatkan rasa kecemasan dan berdampak pada pola tidurmu.

Kendalikan asupan berita dengan membatasi seberapa banyak kamu mengecek ponsel dalam sehari, dan seberapa lama kamu menggunakannya untuk membaca berita mengenai pandemi ini. Ibarat kafein, jangan 'mengonsumsi' berita-berita sejenis sebelum tidur.

5. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget. (pixabay/StockSnap)

Internet mungkin menjadi salah satu hiburan kita selama berada di rumah saja. Bisa untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman yang jauh, dan mencari hiburan di media sosial.

Hanya saja, seharian menggunakan ponsel tak akan membantu saat kamu berusaha untuk tidur. Setidaknya satu jam sebelum tidur, berhentilah menatap layar gadget, ponsel, televisi, atau apapun yang bisa memicu rasa cemas.

Gantilah dengan berbagai aktivitas lain seperti membaca buku atau mendengarkan lagu, sebelum tidur.

6. Hindari konsumsi alkohol

Mungkin beberapa di antara kita ada yang merasa bisa mengurasi perasaan cemas dengan meminum alkohol. Namun, jika itu dilakukan, justru membuat kita merasa tidak cukup tidur akan terbangun dengan rasa lelah.

Baca Juga: WFH Bikin Mendadak Hobi Belanja Online? Simak Tips Berikut Ini

Alkohol bukanlah mekanisme yang sehat untuk mengatasi rasa cemas dan stres. Satu-dua gelas alkohol dan kurang tidur malah akan berdampak buruk bagi sistem imun. (*Frieda Isyana Putri)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI