Tak Harus Mengundang Semua Orang, 7 Tips Menentukan Jumlah Tamu Pernikahan

Kamu tidak harus mengundang semua orang sebagai tamu pernikahan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 12 September 2020 icon 13:27 WIB
Tak Harus Mengundang Semua Orang, 7 Tips Menentukan Jumlah Tamu Pernikahan

Undangan pernikahan. (Unsplash/Micheile Henderson)

Jika berencana menikah di masa pandemi, tentu semuanya harus dipersiapkan dengan ekstra hati-hati. Tamu pernikahan pun mesti dibatasi agar lebih efektif dalam menerapkan protokol kesehatan. Namun, siapa saja yang sebaiknya dimasukkan daftar undangan?

Dirangkum dari Boldsky, berikut beberapa tips menentukan jumlah tamu pernikahan.

Pertama, buat daftar tamu awal

Baca Juga: Nyeleneh, Pengantin Minta Tamu Pernikahan Tampil Seksi dan Bawa Benda Ini

Sebagai tahap awal, kamu boleh menulis nama anggota keluarga dekat, teman dekat, dan kerabat. Kamu juga dapat memasukkan nama orang yang mengundangmu ke pernikahan mereka. Jika mau, kamu pun bisa menambahkan nama teman-teman yang jarang ditemui.

New Normal Pesta Pernikahan. (Shutterstock)
New Normal Pesta Pernikahan. (Shutterstock)

Perhatikan anggaran

Kamu juga perlu menentukan anggaran untuk tamu, minimal karena itu berkaitan dengan katering dan suvenir. Setelah itu, kamu bisa mengurangi jumlah orang dalam daftar calon tamu undangan.

Baca Juga: Hasil Studi: Orang Menikah Belum Tentu Lebih Bahagia dari Para Lajang

Tinjau kapasitas lokasi pernikahan

Kalau gedung yang akan kamu sewa cuma sanggup nemapung maksimal 100 tamu, jangan undang 150 orang. Itu akan menimbulkan ketidaknyamanan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Jika tak terlalu dekat secara emosional, kamu bisa menghapis nama tetangga, teman kantor, kenalan, atau teman sekolah yang sudah lama tidak berjumpa.

Diskusikan dengan pasanganmu

Kamu tentu juga perlu tahu siapa saja yang ingin diundang pasanganmu. Diskusikan bersama apakah memungkinkan untuk memasukkan mereka dalam daftar tamu pernikahan kalian.

Putuskan siapa yang tak ingin kamu undang

Itu termasuk langkah paling penting. Kamu mesti sangat berhati-hati saat memutuskan siapa saja orang yang tidak kamu harapkan datang. Misalnya, apakah kamu ingin melihat mantan pacar di hari pernikahan kalian? Kalau tidak, hapus saja namanya.

Banyak bertanya pada diri sendiri sebagai pertimbangan

Kamu telah melakukan beberapa tahap sebelumnya tapi jumlah orang dalam daftar tamu undangan masih terlalu banyak? Coba ajukan beberapa pertanyaan khusus untuk dirimu sendiri.

Ilustrasi hidangan spesial di pesta pernikahan. (Shutterstock)
Ilustrasi hidangan spesial di pesta pernikahan. (Shutterstock)

Contohnya, apakah kamu bertemu dengan mereka dalam beberapa tahun terakhir? Apakah kamu benar-benar berhubungan baik dengan mereka? Apakah mereka sangat berarti bagimu dan keluargamu? Apakah mereka berpotensi menciptakan drama yang tidak perlu?

Jangan masukkan lagi nama yang sudah dihapus

Baca Juga: Kisah Pernikahan Pasangan Down Syndrome, Sempat Galau Jalani LDR

Setelah mendapatkan daftar final, kamu harus konsisten. Jangan sampai menambahkan kembali mereka yang namanya sudah dihapus. Hal seperti itu hanya membuatmu bingung karena mungkin jadi harus memikirkan nama orang lain yang perlu dicoret biar jumlah tamu pernikahan tidak kebanyakan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI