Lifestyle

6 Kontroversi Selebgram Sepanjang 2020, Lelang Keperawanan Bikin Geger

Beberapa ulah selebgram ini sempat bikin publik tak habis pikir.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Nur Khotimah

Ilustrasi perempuan berenang. (Unsplash/Alex Bertha)
Ilustrasi perempuan berenang. (Unsplash/Alex Bertha)

Dewiku.com - Selebgram sering kali dijadikan panutan bagi pengikutnya. Sayangnya, tidak ada orang yang benar-benar sempurna.

Sepanjang 2020 sendiri, banyak kontroversi muncul karena selebgram Tanah Air melakukan kesalahan dalam berucap atau berbuat. Mereka bahkan membuat publik resah dan menuai banyak kritikan.

Penasaran siapa saja dan apa saja ulah para selebgram yang meresahkan selama tahun 2020? Berikut Suara.com sudah merangkumnya.

1. Meremehkan Virus Corona dan Tak Patuhi Aturan PSBB

Indira Kalistha dan suaminya, Aa Utap [Instagram/@indirakalistha]
Indira Kalistha dan suaminya, Aa Utap [Instagram/@indirakalistha]

Beauty vlogger sekaligus selebgram, Indira Kalistha, membuat publik geram karena pernyataannya dalam vlog YouTube Gritte Agatha. Ia dianggap meremehkan virus COVID-19 atau Corona saat itu.

"Aku percaya Corona. Cuma, nggak seheboh itu lho. Tipe yang, Corona? B (biasa) aja gitu," ujar Indira dalam video YouTube yang tayang pada 13 Mei 2020.

Indira juga secara terang-terangan mengaku mengenakan masker jika ditegur saja. Saat tidak ada yang menegur, maka ia melepas masker tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, Indira kembali menuai kontroversi setelah ikut dalam kerumunan penutupan restoran cepat saji di kawasan Sarinah bersama sang suami, YouTuber Aa Utap.

Mereka bergabung dalam kerumunan itu demi membuat konten YouTube. Hal ini membuat publik geram karena keduanya dianggap melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

2. Beberapa Kali Viralkan Tips Anti Corona yang Salah

Dinda Safay. (Instagram/@dindasafay)
Dinda Safay. (Instagram/@dindasafay)

Adalah Selebgram Dinda Safay yang beberapa kali menyebarkan tips anti Corona yang menjadi viral tapi dianggap salah kaprah. Apa saja tips yang pernah dibagikan oleh gadis berusia 20 tahun ini?

Pertama, Dinda membagikan tips membunuh virus dengan memasukkan cairan antiseptik ke dalam diffuser. Cara itu salah kaprah karena cairan antiseptik hanya untuk pemakaian luar, bukan "dimasukkan" ke dalam tubuh manusia lewat uap yang dihasilkan oleh diffuser.

Selanjutnya, Dinda menuai kontroversi karena membagikan DIY (Do It Yourself) membuat hand sanitizer dengan komposisi yang ngasal. Ia juga dikritik usai memakai sarung tangan lateks saat belanja demi mencegah virus Corona.

3. Konten Dianggap Promosikan Pernikahan Anak

Selebgram Sabrina Sosiawan dan suami, Adhiguna Sosiawan. (Instagram/@sabrinasosiawan)
Selebgram Sabrina Sosiawan dan suami, Adhiguna Sosiawan. (Instagram/@sabrinasosiawan)

Mei 2020, publik dihebohkan oleh pernikahan Selebgram Sabrina dan Adhiguna Sosiawan yang dianggap meromantisasi pernikahan anak. Pasalnya, Sabrina menikah di usia 16 tahun kala itu.

Sebenarnya Sabrina telah memenuhi batas minimal usia perempuan menikah ketika melepas masa lajang pada Agustus 2019. Karena peraturan baru soal usia minimal perempuan menikah adalah 19 tahun baru disahkan pada Oktober 2019.

Kendati demikian, publik menganggap keputusan Sabrina untuk menunjukkan pernikahannya di berbagai konten YouTube serta Instagram termasuk mempromosikan dan aksi meromantisasi pernikahan di bawah umur. Bagaimana menurutmu?

4. Nekat Lelang Keperawanan untuk Donasi COVID-19

Sarah Salsabila [Instagram]
Sarah Salsabila [Instagram]

Selebgram Sarah Salsabila atau Sarah Keihl yang terang-terangan melelang keperawanannya untuk donasi COVID-19 lewat unggahan Instagram pada Mei 2020.

"Bismillah LELANG KEPERAWANAN. Keputusan yang cukup berat dalam hidupku, mungkin sebagian dari kalian teman temanku memahami ini," tulis Sarah dalam unggahannya.

"Tapi aku sudah memutuskan dengan bulat untuk mengalang dana, semoga kalian bisa ambil positifnya. Start 2000.000.000. Start bid 21.00 (20 Mei 2020)," lanjutnya.

Unggahan influencer ini jelas menuai reaksi negatif di media sosial. Sarah pun akhirnya mengaku khilaf dan meminta maaf setelah menuai banyak kritik atas ulahnya tersebut.

5. Bikin Konten Sombong dan Ngaku Ogah Nongkrong di Pinggir Jalan

Denise Chariesta [Instagram//denisechariesta_officiall)
Denise Chariesta [Instagram//denisechariesta_officiall)

Denise Chariesta menjadi perbincangan sekitar bulan Oktober 2020 karena konten sok kaya yang dibuatnya di TikTok. Ia bertingkah seperti orang kaya dan mengaku tidak sudi nongkrong di pinggir jalan.

Saat diminta klarifikasi tentang konten ini, Denise mengaku sama sekali tidak bermaksud sombong. Dia juga aslinya sangat suka menyantap makanan pinggir jalan.

"Nggak pernah bermaksud seperti itu. Karena saya pun pecinta makan pinggiran, sehari hari saya suka makan di pinggiran," kata Denise Chariesta.

"Saya suka makan bakso, dan video itu cuma sindiran antar teman. Jadi nggak ada maksud menghina menyindir sama sekali," kata dia menegaskan.

6. Pamer Kekayaan dan Pakai Baju yang Bikin Publik Salah Sangka

dr. Reza Gladys. (Instagram@rezagladys)
dr. Reza Gladys. ([email protected])

Terakhir, ada dokter kecantikan, Reza Gladys, yang viral di TikTok dan Instagram berkat konten-konten mewahnya. Ia berkali-kali membagikan video berlatar walk in closet yang penuh barang branded.

Nama dr. Gladys disorot sekitar akhir November 2020 karena salah satu kontennya di TikTok. Saat itu, item yang mencuri perhatian publik adalah baju yang dikenakan oleh dr. Gladys.

Pasalnya, dr. Gladys memadukan atasan model terbuka dengan manset warna kulit sehingga membuat warganet salah paham. Banyak warganet yang mengira kakak ipar Siti Badriah itu membuka aurat dalam video terkait.

Sementara itu, dr. Gladys awalnya cuma iseng memamerkan kemewahannya di media sosial untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi. Namun, konten itu rupanya digemari publik dan akhirnya terus dibuat oleh dr. Gladys.

Berita Terkait

Berita Terkini