7 Tips agar Tetap Semangat Bekerja saat Puasa, Salah Satunya Hindari Kafein

Apa lagi tips yang bisa dilakukan selama puasa agar tetap semangat bekerja? Simak di sini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 13 April 2021 icon 12:19 WIB
7 Tips agar Tetap Semangat Bekerja saat Puasa, Salah Satunya Hindari Kafein

Ilustrasi bekerja saat Ramadan. (Pexels/Gabby K)

Umat muslim akhirnya berjumpa kembali dengan bulan Ramadan yang jatuh pada 13 April 2021. Kendati sedang menjalani ibadah puasa Ramadan, banyak dari kita yang harus tetap meluangkan waktu untuk bekerja.

Nah, apa yang bisa kita lakukan agar tetap bisa semangat bekerja saat puasa? Merangkum British Council dan Monster Gulf, ada tujuh tips yang bisa dilakukan untuk terus merasa semangat selama bekerja meski sedang berpuasa.

1. Memantapkan niat dan tekad

Baca Juga: 10 Tips Wanita Elegan ala Farah Quinn, Nggak Boleh Pakai Daster!

Pertama dan utama adalah memantapkan niat serta tekad untuk menjalani hari dengan semangat. Walau mungkin menghadapi banyak tantangan selama puasa, kita harus berusaha selalu memotivasi diri untuk semangat.

2. Makan sahur secukupnya

Selanjutnya adalah perhatikan menu yang disantap ketika sahur. Pilihlah menu dengan gizi yang seimbang dan tidak berlebihan selama sahur. Makan berlebihan saat sahur justru bakal membuat kita mengantuk dan tidak berenergi.

Baca Juga: Chrissy Teigen Bagikan Tips Simpel dan Jitu Atasi Maskne, Cobain Yuk!

Ilustrasi sahur (shutterstock)
Ilustrasi sahur (shutterstock)

3. Hindari kafein

Kafein mungkin kerap diandalkan sebagai pencegah rasa kantuk di hari-hari biasa. Tapi selama Ramadan, sebaiknya kita menghindari konsumsi kafein ketika sahur atau pun berbuka. Pasalnya, kafein dikhawatirkan bisa membuat perut sakit dan mual.

4. Perhatikan waktu tidur

Waktu tidur juga mesti diperhatikan supaya bisa terus semangat dalam bekerja. Cobalah untuk tidur lebih awal agar kita juga tidak kesulitan untuk bangun sahur. Usahakan jangan tidur lagi setelah sahur dan salat Subuh karena bisa membuat kita merasa lesu.

5. Olahraga

Alih-alih tidur, waktu setelah salat Subuh dapat dimanfaatkan untuk olahraga atau aktivitas fisik lain. Pilihan aktivitas ini bisa melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood sehingga kita menjadi lebih semangat menjalani hari.

Meski demikian, hindari olahraga berat seperti lari dan angkat beban dan batasi waktunya maksimal 60 menit.

Ilustrasi olahraga (Pixabay/Klimkin)
Ilustrasi olahraga setelah subuh. (Pixabay/Klimkin)

6. Selipkan aktivitas lain saat bekerja

Karena sedang berpuasa, waktu istirahat bekerja bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lain supaya tetap semangat dan tak bosan selama di kantor. Manfaat semua fasilitas yang mendukung kita agar tetap fresh. Bisa juga memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur singkat selama 20-30 menit.

7. Membuat list

Baca Juga: Si Dia Hobi Mengkritik? Simak 5 Tips Menghadapi Pasangan Kayak Begitu

Mungkin ada beberapa dari kita yang jam kerjanya berkurang selama Ramadan, tapi bebannya tetap sama. Jadi list to do akan membantu kita untuk mengerti pekerjaan apa saja yang mesti diselesaikan dalam satu hari dan patuhilah daftar tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI