3 Manfaat Madu Manuka, Ternyata Bisa untuk Perawatan Kulit Juga

Lalu, bagaimana cara memilih tipe madu yang tepat untuk meningkatkan kesehatan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 27 April 2021 icon 08:22 WIB
3 Manfaat Madu Manuka, Ternyata Bisa untuk Perawatan Kulit Juga

Ilustrasi madu manuka. (Istimewa)

Selama bulan puasa, jelas kita harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsi, baik saat sahur ataupun berbuka. Satu hal yang perlu kita sertakan adalah setoples madu untuk diri sendiri dan keluarga.

Ada sejumlah alasan mengapa mengonsumsi madu, khususnya madu mnuka, menjadi penting. Dihasilkan dari spesies pepohonan berbunga, yakni pohon mnuka asal Selandia Baru, jenis madu ini disarikan dan diproses secara teliti demi memastikan kandungan kesehatannya tetap tersimpan baik untuk tubuh, khususnya sistem pencernaan. Tetapi, bukan hanya itu yang membuat madu manuka lebih unggul dari tipe madu lainnya.

Selandia Baru berbangga memiliki 9.282 kaitiaki p (istilah Bahasa Maori untuk peternak lebah) resmi dan terdaftar, yang mengabdikan waktu dan keahliannya untuk merawat kesehatan lebah serta lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi, kondisi tanah, iklim, serta teknologi yang diterapkan di Selandia Baru dalam setiap tahap produksi benar-benar diperhatikan agar kualitas madunya terjamin sangat baik.

Baca Juga: Alternatif Pengganti Gula yang Bisa Kamu Coba

Selandia Baru merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki definisi madu mnuka yang formal dan ilmiah yang diatur oleh Kementrian Industri Primer. Seluruh madu mnuka yang diekspor pun sudah dites untuk mengesahkan informasi pada labelnya sebelum diekspor.

"Selandia Baru sangat menjaga komitmen dan kepatuhannya terhadap serangkaian tindakan untuk melindungi kualitas, integritas, dan kemurnian madunya. Standar ketat dari pemerintah, industri, serta internasional terus dipenuhi untuk memastikan produk madunya dijamin sebagai salah satu yang terbaik di dunia," ungkap Diana Permana, New Zealand Trade Commissioner untuk Indonesia, New Zealand Trade and Enterprise, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Senin (26/4/2021) kemarin.

Ilustrasi kandungan UMF pada madu manuka. (Istimewa)
Ilustrasi kandungan UMF pada madu manuka. (Istimewa)

Jadi, bagaimana cara mengetahui madu yang akan dikonsumsi memiliki kualitas baik? Lihat saja skor Unique Mnuka Factor (UMF) dan MGO (methylglyoxal) pada kemasannya.

Baca Juga: Campuran Ketumbar dan Madu Efektif Usir Jerawat, Mau Coba?

UMF adalah penanda bahwa sebuah produk madu mnuka telah memenuhi standar ketat kemurnian dan kualitas. Sementara, skor MGO yang tertulis di kemasannya menandakan mutu madunya. Semakin tinggi kandungan MGO, maka semakin tinggi pula mutu madunya.

Manfaat Madu Mnuka untuk sistem pencernaan

Maag termasuk masalah pencernaan yang dialami banyak orang. Penyakit ini disebabkan bakteri H. pylori atau inflammatory bowel disease (IBD) atau peradangan di saluran usus. Jika tidak diatasi, maag bisa memicu masalah yang lebih bahaya, misalnya pendarahan di saluran pencernaan.

Selain melalui pengobatan medis, orang yang menderita penyakit ini harus makan dalam porsi kecil tapi sering. Namun, hal itu tidak mungkin dilakukan saat berpuasa.

Namun, konsumsi rutin madu mnuka dengan konsentrasi MGO yang tinggi, paling tidak UMF 13+, telah dibuktikan melalui uji klinis mampu membunuh bakteri penyebab maag.

Konsumsi sesendok madu mnuka saat sahur dan berbuka puasa agar madu melapisi dan melindungi perut selama berpuasa. Lebih baik lagi, Anda bisa mengonsumsi madu mnuka dengan kandungan UMF 15+ untuk menciptakan lingkungan anti mikroba yang mampu menghantam bakteri di dalam usus besar.

Ilustrasi sakit flu. (Pixabay/Mojca JJ)
Ilustrasi sakit flu. (Pixabay/Mojca JJ)

Manfaat Madu Mnuka untuk penyakit pernapasan

Setahun lebih pandemi COVID-19 terjadi, sekarang suara bersin atau batuk sekecil apa pun pasti terasa mengganggu. Namun, madu mnuka secara uji klinis telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis, suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri mematikan.

Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu mnuka mengandung hidrogen peroksida yang mungkin lebih efektif menangani infeksi saluran pernapasan atas (URTI) dibandingkan obat yang bisa dibeli di apotek.

Manfaat Madu Manuka untuk kulit

Madu mnuka rupanya juga bagus untuk perawatan secara topikal pada permukaan kulit. Jika kulit wajah mudah berjerawat dan gonta-ganti produk perawatan malah akan memperparah kondisinya, coba gunakan madu mnuka sebagai pelembap atau mencuci wajah.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ayo Bikin Toner Kiwi di Rumah!

Senyawa kimianya yang bersifat anti peradangan dan memiliki pH rendah mampu memperbaiki kondisi kulit. Sebagai tambahan, penggunaan madu mnuka juga baik untuk merawat kondisi kulit lain, misalnya eksim, psoriasis, kulit lutut yang kering, bahkan bibir pecah-pecah akibat tidak bisa minum paling tidak 13 jam selama puasa.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI