Harus Pakai Masker, 4 Tips Aman Belanja Makanan di Tengah Pandemi

Berikut beberapa kiat aman dan nyaman belanja makanan saat pandemi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 18 Juni 2021 icon 06:25 WIB
Harus Pakai Masker, 4 Tips Aman Belanja Makanan di Tengah Pandemi

Ilustrasi belanja buah di pasar. (Pixabay/Pexels)

Pandemi mau tak mau mengubah hidup kita, termasuk soal pergi belanja. Jika dulu pergi ke supermarket atau restoran menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap pekan atau bahkan hampir setiap hari, sekarang banyak orang lebih memilih belanja online.

Sekarang, pergi ke luar rumah harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Selain pakai masker, kita juga harus senantiasa cek ulang apakah sudah ada hand sanitizer di dalam tas kita.

Walau urusan pergi belanja ke luar bisa jadi ribet, kita tetap bisa melakukannya dengan aman. Dilansir dari Pinkvilla, apa yang perlu dilakukan hanyalah mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri serta orang lain di sekitar kita dari paparan virus ini.

Baca Juga: Masker Ini Ramah Lingkungan, Bisa Berubah Jadi Bunga Cantik Jika Ditanam

Berikut daftar hal-hal yang harus diikuti saat hendak belanja bahan makanan di tengah pandemi.

Ilustrasi perempuan menggunakan masker. (Pixabay/Juraj Varga)
Ilustrasi perempuan menggunakan masker. (Pixabay/Juraj Varga)

Cobalah untuk menghindari berbelanja bahan makanan di akhir pekan.

Pergilah belanja pada hari kerja. Jika harus pergi di akhir pekan, cobalah untuk pergi pada saat toko kemungkinan besar paling tidak ramai, misal di pagi hari ketika baru buka. Selain itu, saat berada di dalam toko atau supermarket, pastikan menjaga jarak sosial dari orang-orang di sekitar Anda.

Baca Juga: Ada Kontes Kecantikan Khusus Wanita yang Cantik Pakai Masker, Ini Hadiahnya

Pakai masker setiap keluar rumah

Apa pun alasannya, jangan melepas atau menurunkan masker Anda. Pastikan masker tidak longgar dan pas di atas hidung dan bukan di bagian bawah hidung.

Rajin cuci tangan

Saat kembali ke rumah, cuci tangan sebelum menyentuh apa pun. Bersihkan dan disinfeksi bahan makanan dengan mencuci buah dan sayuran dalam ember berisi air hangat.

Disinfeksi

Disinfeksi permukaan tempat Anda menyimpan tas belanjaan dan juga disinfeksi barang-barang pribadi yang dibawa ke toko seperti telepon, dompet, kunci, dan lain-lain.

Baca Juga: Berujung Pecah, Wanita Ini Kaget Lihat Ulah Kurir saat Antar Paket Miliknya

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan saat memutuskan untuk belanja makanan ke luar rumah. Selalu patuhi protokol kesehatan, ya! (*Dian Kusumo Hapsari)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI