Tukang Omong Kosong Disebut Lebih Cerdas, Simak Penjelasan Berikut

Kelakuan tukang omong kosong memang menyebalkan, tapi ternyata mereka dikatakan cenderung lebih cerdas.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 02 Juli 2021 icon 16:50 WIB
Tukang Omong Kosong Disebut Lebih Cerdas, Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi perempuan tertawa. (Unsplash/Tyler Nix)

Kamu sering jengkel saat mendengar orang yang hobinya bicara omong kosong? Tukang omong kosong memang biasanya menyebalkan. Namun, mereka ternyata ditemukan cenderung lebih memiliki kemampuan kognitif yang baik dan cerdas. 

Melansir dari Psypost, studi yang diterbitkan pada jurnal Volutionary Psychology menunjukkan kemampuan seseorang yang pandai mengarang cerita berkaitan dengan kecerdasan. 

Omong kosong bukan sekadar kebohongan tapi kata-kata yang sebenarnya tak perlu. Seseorang harus punya kemampuan untuk menghasilkan omong kosong mereka sendiri.

Baca Juga: Ngakak, Wanita Ini Bolos Kerja dan Ketahuan Ambil Foto dari Internet

Dalam penelitian ini, para peneliti merekrut 1.017 peserta untuk dua penelitian yang mempelajari kemampuan kognitif, kesediaan untuk omong kosong, dan kemampuan membuat omong kosong.

Guna mengukur kesediaan untuk omong kosong, para peserta ditunjukkan sepuluh konsep dan diminta untuk menilai pengetahuan mereka tentang setiap konsep pada skala 5 poin.

Ilustrasi bohong (Shutterstock)
Ilustrasi bohong (Shutterstock)

Mereka yang mengaku mempunyai pengetahuan tentang konsep palsu dianggap punya kemauan lebih besar untuk omong kosong.

Baca Juga: Tak Tahan Dihujat, Model Belia Ini Bohong dan Ngaku Transgender

Para peneliti kemudian menemukan bahwa peserta yang lebih mampu menghasilkan penjelasan yang tampaknya memuaskan dan akurat dari konsep-konsep palsu cenderung juga punya skor lebih tinggi pada tes kosa kata, serta ukuran penalaran abstrak dan kecerdasan non-verbal.

"Kemampuan membuat omong kosong seseorang secara positif terkait dengan seberapa pintar mereka kelihatannya dan seberapa pintar mereka dalam kenyataanya," ungkap penulis studi Mane Kara-Yakoubian kepada PsyPost. 

"Omong kosong itu mungkin sudah muncul sebagai strategi murah yang energetik untuk mendapatkan prestise, status, atau barang di domain di mana keberhasilan ditentukan oleh evaluasi subyektif orang lain seperti seni rupa, politik, berbicara di depan umum, dan lain-lain," terangnya kemudian.

Peneliti menegaskan bahwa kemampuan beromong kosong semakin tinggi pada individu yang lebih cerdas. Hal ini mungkin dijelaskan oleh kapasitas mereka yang lebih besar untuk mengaitkan kondisi mental kepada orang lain. Mereka lebih sadar saat omong kosong akan bekerja dan kapan tidak.

Baca Juga: Cowok Wajib Tahu, Ini 3 Kebohongan yang Sering Diucapkan Cewek

Yakoubian menambahkan, "Penelitian di masa depan mungkin perlu mengeksplorasi hubungan antara omong kosong serta faktor kepribadian."  (*Fita Nofiana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI