Ampuh Banget, 3 Tips Menghilangkan Noda Membandel saat Mencuci Pakaian

Noda membandel di pakaian sering kali bikin geregetan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 16 Juli 2021 icon 19:59 WIB
Ampuh Banget, 3 Tips Menghilangkan Noda Membandel saat Mencuci Pakaian

Ilustrasi menjemur baju cucian. (Pixabay/Rudy and Peter Skitterians)

Noda membandel termasuk masalah paling menyebalkan ketika harus mencuci pakaian. Pasalnya, noda membandel yang melekat di baju bisa meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang.

Meski begitu, jangan khawatir. Berikut beberapa tips jitu membersihkan noda-noda pada pakaianmu, dilansir dari Pinkvilla.

Noda Kopi

Baca Juga: Bisa Langsung Dicoba, 6 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Noda kopi merupakan salah satu jenis kotoran yang tak mudah dibersihkan. Namun, kamu dapat menghilangkannya dengan membasahi area yang kotor menggunakan bulu sikat gigi sembari beri beberapa tetes cuka putih dan deterjen bubuk. Biarkan mengering selama 5-6 menit sebelum dibilas.

Ilustrasi buah delima. (Pexels/Hitesh Choudhary)
Ilustrasi buah delima. (Pexels/Hitesh Choudhary)

Delima atau noda buah lainnya

Getah buah juga suka bikin panik karena ditakutkan meninggalkan bekas pada pakaian. Nah, getah buah seperti delima bisa dihilangkan secara perlahan menggunakan pisau mentega atau scraper jika diperlukan.

Baca Juga: Istri Wajib Tahu, Ini Tips Jaga Suami dari Pelakor Genit ala Tantri Kotak

Buat pasta kental menggunakan boraks dan air dengan perbandingan 3:1. Kamu bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti boraks jika bahan itu tidak tersedia. Oleskan pasta ke area yang terkena getah dan biarkan selama 10-15 menit.

Bilas dengan air hangat dan oleskan deterjen cair ke area target, kemudian regangkan kain di bawah keran. Jangan lupa, oleskan penghilang noda di tempat yang diinginkan, lalu cuci kain secara menyeluruh.

Noda kecap

Baca Juga: Shireen Sungkar Bangga Anak Sulung Sudah Taat Salat, Warganet Kepo Tipsnya

Noda membandel berikutnya bisa datang dari tumpahan saus atau kecap. Jika itu terjadi, kamu dapat mencoba merendam kain dalam air dan segera mencucinya dengan sabun. Gunakan spons, oleskan hidrogen peroksida ke area yang terkena noda untuk menghapusnya. (*Dian Kusumo Hapsari)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI