Tips Mengatasi Gatal pada Organ Intim, 4 Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Solusi

Apakah kamu sering mengalami gatal pada organ intim? Coba pakai beberapa bahan rumahan berikut ini untuk mengatasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 24 Juli 2021 icon 08:16 WIB
Tips Mengatasi Gatal pada Organ Intim, 4 Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Solusi

Ilustrasi organ intim wanita. (Pixabay/StockSnap)

Gatal dan kekeringan pada organ intim wanita bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur atau eksim. Kondisi ini kerap bikin tak nyaman karena gatalnya hingga timbul sensasi panas di area vagina

Terkadang gatal dan kekeringan disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di dalam dan sekitar vagina. Guna mengatasinya, kamu perlu menjaga kebersihan vagina yang tepat. 

Melansir dari Times of India, berikut beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu meredakan gejala gatal pada vagina, di antaranya:

Baca Juga: Punya 2 Vagina Sekaligus, Ini Kisah Mahasiswi yang Idap Kondisi Langka

Yogurt dan madu

Sifat prebiotik yogurt membantu mengobati gatal dan terbakar pada vagina. Jika dikombinasikan dengan madu, yogurt bisa cukup membantu. Sifat anti-inflamasi madu dan efek menenangkan dari yogurt membantu menghilangkan iritasi.

Ilustrasi Miss V, organ intim wanita. (Shutterstock)
Ilustrasi organ intim wanita. (Shutterstock)

Selain itu, senyawa probiotik dalam yogurt dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan bakteri, mengurangi risiko infeksi jamur dan infeksi bakteri. Kamu bisa mencampur yogurt dan madu dan mengkonsumsinya sekali sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina. 

Baca Juga: Atasi Masalah Keputihan di Organ Intim, Berikut Tips Perawatan yang Tepat

Bilas dengan cuka sari apel

Sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dari cuka sari apel bekerja sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan terbakar pada vagina. Ini menyeimbangkan pH vagina dan kulit sekaligus membantu dengan menyeimbangkan flora vagina.

Kamu bisa minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air atau menambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke bak mandi. Jangan menggunakannya tanpa dilarutkan karena bisa menyebabkan buring yang parah.

Minyak pohon teh

Sifat anti-jamur, antibakteri dan anti-virus dari minyak pohon teh (tea tree oil) membuat bahan ini efektif untuk mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina.

Ambil 2-3 tetes minyak pohon teh di jari-jari Anda dan oleskan ke kulit luar vagina Anda. Hal ini bakal membantu membunuh ragi apa pun.

Tea Tree Oil. (Shutterstock)
Tea Tree Oil. (Shutterstock)

4. Kompres dingin

Kalau kamu merasa terlalu gatal, kompres dingin bisa meredakannya secara instan. Kompres dingin membantu dengan mematikan rasa gatal sehingga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Baca Juga: Diklaim Bikin Pria Makin Tertarik, Wanita Ini Pakai Parfum Aroma Vagina

Ambil beberapa es batu dan bungkus dengan kain katun bersih. Tempatkan kompres es di area yang gatal selama beberapa menit. Kamu bisa mengulangi langkah ini 3-4 kali sehari. (*Fita Nofiana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI