Waspadai Tumbuh Rambut di Dagu pada Perempuan, Ini Alasannya

Perempuan dengan rambut yang tumbuh di dagu bisa jadi merupakan tanda beberapa kondisi berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 30 Agustus 2021 icon 10:35 WIB
Waspadai Tumbuh Rambut di Dagu pada Perempuan, Ini Alasannya

Ilustrasi leher. (Pexels/Alexander Krivitskiy)

Tak sedikit perempuan menghadapi masalah rambut wajah yang tumbuh berlebihan dan tidak diinginkan, termasuk di dagu. Penyebab pasti dari rambut dagu yang berlebihan tidak selalu teridentifikasi, bisa jadi akibat perubahan hormonal karena beberapa kondisi dan bahkan obat-obatan tertentu. 

Melansir dari Healthshoots, berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan tumbuhnya rambut dagu:

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Baca Juga: Nggak Bikin Bahagia, Hindari Pria dengan 3 Gaya Kencan Ini

PCOS merupakan gangguan hormonal di mana hormon androgen pria dapat mengalami overdrive dan mengakibatkan penambahan berat badan, menstruasi tidak teratur, jerawat, masalah kesuburan, dan pertumbuhan rambut yang tidak normal.

Mengalami hirsutisme dan rambut wajah yang tak diinginkan, terutama rambut dagu, sangat umum terjadi pada PCOS. 

Ilustrasi leher. (Pexels/Lum3n.com)
Ilustrasi leher. (Pexels/Lum3n.com)

Sindrom Cushing

Baca Juga: Demi Cinta, Pria Ini Menyamar Jadi Perempuan dan Gantikan Pacarnya Ujian

Walau sangat jarang terjadi, gangguan endokrin tertentu seperti sindrom Cushing bisa menjadi penyebab pertumbuhan rambut dagu yang berlebihan. Kondisi ini disebabkan paparan berlebihan terhadap hormon stres kortisol.

Seiring dengan rambut dagu, kelebihan hormon ini menyebabkan penambahan berat badan, stretch mark, serta diabetes tipe 2.

Gen 

Sebagian besar perempuan punya rambut vellus di wajah, tapi beberapa mungkin memiliki rambut dagu yang lebih terminal. Hal ini bisa disebabkan oleh genetik.

Gen memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut wajah. Dikatakan bahwa jika kerabat ibu seperti nenek, ibu, dan bibi atau saudara perempuan mempunyai rambut dagu pada usia tertentu, kamu juga cenderung akan mendapatkannya pada waktu yang sama.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak perubahan, terutama menopause yang merupakan alasan utama di balik tumbuhnya rambut dagu.

Selama menopause, kadar estrogen menurun. Perubahan hormonal ini bisa menyebabkan pertumbuhan rambut ekstra.

Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)
Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)

Kehamilan

Tingkat hormon berubah sepanjang hidup karena pubertas, penuaan, menopause, penambahan berat badan dan faktor lain, termasuk kehamilan.

Rambut dagu yang berlebihan kadang bisa dikaitkan dengan kehamilan yang memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan mengakibatkan pertumbuhan rambut wajah.

Tumor adrenal atau ovarium

Terdapat banyak gejala terkait kelenjar adrenal yang berhubungan dengan kelebihan produksi hormon adrenal. Rambut dagu adalah salah satu gejala tumor kelenjar adrenal.

Baca Juga: Sekarang Menang Oscar, Youn Yuh Jung Dulu Pernah Dicemooh karena Janda

Pada perempuan, peningkatan androgen karena tumor adrenal bisa menyebabkan hirsutisme atau perkembangan rambut wajah. (*Fita Nofiana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI