Suntik Botox Diklaim Mencegah Penularan Covid-19, Kok Bisa?

Sebuah hasil penelitian menyebutkan klaim soal manfaat suntik botox untuk mencegah penularan Covid-19.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 16 September 2021 icon 14:42 WIB
Suntik Botox Diklaim Mencegah Penularan Covid-19, Kok Bisa?

Ilustrasi suntik botox. (Pexels/cottonbro)

Suntik botox selama ini terkenal sebagai salah satu prosedur kecantikan andalan penghilang kerutan. Belakangan, sebuah penelitian terbaru di Prancis menyebut bahwa suntik botox juga dapat melindungi orang dari bahaya penularan Covid-19.

Bagaimana bisa suntik botox mencegah penularan corona? Menurut peneliti, fakta ini terungkap ketika hampir 200 pasien yang mendapat perawatan botox sejak Juli 2020 lalu, cuma dua orang yang diduga jatuh sakit terinfeksi Covid-19.

Sebagai perbandingan, peneliti menyandingkan data dengan 4,4 persen populasi Prancis yang telah terinfeksi virus.

Baca Juga: Hasilnya Bikin Merinding, Curhat Ibu Nekat Suntik Botox di Dokter Gigi

Sebanyak 193 pasien yang menerima suntikan botox terlibat dalam penelitian ini, tiga perempatnya atau 146 peserta adalah perempuan yang rata-rata berusia 50 tahun.

Ilustrasi suntik botoks. (Pexels/Gustavo Fring)
Ilustrasi suntik botoks. (Pexels/Gustavo Fring)

Semua peserta menerima suntik botox dari rumah sakit Universitas Montpellier, karena indikasi medis.

Selanjutnya, mereka dipantai selama tiga bulan setelah menerima suntikan botox. Hal itu untuk melihat apakah mereka tertular virus SARS CoV 2 penyebab Covid-19 atau tidak.

Baca Juga: Nekat Tanam Bulu Mata meski Alergi Lem, Wajah Wanita Ini Bengkak Mirip Ikan

Hasilnya, tak ada satupun peserta yang dinyatakan positif Covid-19, walau ada dua kasus yang dicurigai terinfeksi dari gejalanya.

Dua kasus itu terdiri dari perempuan berusia 53 tahun mengalami gejala Covid-19 setelah kembali dari perjalanan ke Las Vegas. Meski begitu, hasil tes menyatakan dia negatif. Kasus kedua, perempuan berusia 70 tahun jatuh sakit, tapi ia tak pernah diuji untuk Covid-19.

Perawatan kecantikan dengan prosedur suntik bibir. (Shutterstock)
Perawatan kecantikan dengan prosedur suntik bibir. (Shutterstock)

Kesimpulannya, dari semua peserta, tak ada satu pun yang dirawat di rumah sakit. Hal ini tertulis dalam Journal of Stomatology, Oral and Maxillofacial Surgery.

"Hasil penelitian kami menunjukan ada perbedaan signifikan antara jumlah individu yang terinfeksi pada populasi umum, dengan jumlah pasien yang disuntik botox dan menunjukan tanda-tanda infeksi Covid-19," papar peneliti, mengutip Dailymail, Rabu (15/9/2021) kemarin.

Walau megitu, peneliti mengakui tempat tinggal peserta penelitian bukan berasal dari daerah yang sangat terdampak Covid-19 di Prancis.

Baca Juga: Mata Jadi Kecil Sebelah, Wanita Ini Batal Cantik Akibat Salah Suntik Botox

Namun demi memperkuat penelitian, tim menunjukan seorang perempuan berusia 64 tahun di Lozere Prancis Selatan yang mendapat suntik botox, diklaim tak tertular virus walau sebagian besar penduduk desa terinfeksi Covid-19. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI