Bikin Lebih Bahagia, 7 Asupan Ini Bagus untuk Meningkatkan Suasana Hati

Salah satu asupan yang bisa membantu meningkatkan suasana hati adalah makanan fermentasi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 September 2021 icon 20:23 WIB
Bikin Lebih Bahagia, 7 Asupan Ini Bagus untuk Meningkatkan Suasana Hati

Sajian khas Korea, kimchi. (Pixabay/ally j)

Makanan punya peran penting dalam kesehatan, baik fisik maupun secara mental. Apa yang dikonsumsi sehari-hari juga kerap disebut bisa meningkatkan suasana hati atau malah sebaliknya.

"Pola makan seimbang dapat membuat seseorang merasa berenergi sepanjang hari dan juga menyeimbangkan suasana hati," ungkap Jyoti Bhatt, ahli diet di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok, dikutip dari India Express.

"Makanan memainkan peran utama dalam menyeimbangkan berbagai suasana hati  baik bahagia, sedih, marah, depresi, atau cemas. Para peneliti telah mempelajari beberapa makanan dan nutrisi yang bisa dikaitkan dengan kesehatan otak," imbuhnya.

Baca Juga: 7 Trik Memperbaiki Suasana Hati, Salah Satunya Merias Wajah

Masih melansir India Express, berikut tujuh asupan yang meningkatkan suasana hati: 

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan triptofan yang digunakan otak untuk memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter. Serotonin merupakan hormon kunci yang membantu menstabilkan suasana hati.

Baca Juga: Tips Awet Muda, Berikut 5 Makanan yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Ilustrasi cokelat. (Pexels/alleksana)
Ilustrasi cokelat. (Pexels/alleksana)

2. Teh hijau

Dikenal untuk membantu penurunan berat badan dan mengurangi peradangan, teh hijau juga mengandung antioksidan seperti catechin (EGCG). Hal ini yang membantu meningkatkan fungsi otak dan baik untuk meningkatkan suasana hati. 

3. Paprika

Dikemas dengan vitamin A, dan B6, paprika adalah nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak serta membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepinefrin (mempengaruhi suasana hati).

Paprika. (Shutterstock)
Paprika. (Shutterstock)

4. Makanan fermentasi 

Makanan fermentasi penting untuk menjaga kesehatan usus karena kaya akan bakteri probiotik. Makanan seperti kimchi, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt adalah asupan kaya probiotik. 

Makanan ini termasuk penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin (hormon bahagia) diproduksi di usus.

5. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya berbagai nutrisi dari banyak vitamin, mineral, magnesium dan juga punya sifat antioksidan yang penting untuk menjaga suasana hati. Kadar magnesium yang rendah bisa menyebabkan peningkatan risiko depresi.

Sayur daun selada. (Pixabay/Marzena P.)
Sayur daun selada. (Pixabay/Marzena P.)

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin B folat. Kekurangan makanan ini dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang penting untuk suasana hati.

7. Kafein 

Baca Juga: Dukung Upaya Perbaikan Gizi, M-Tani Kembangkan Beras Fortifikasi

Kafein juga bisa membantu meningkatkan kinerja dan suasana hati dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak. (*Fita Nofiana)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI