Jangan Diabaikan! Begini Cara Mudah Mencegah Keputihan

Jadi masalah umum yang dialami banyak perempuan, bagaimana cara mudah mencegah perempuan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 25 September 2021 icon 15:49 WIB
Jangan Diabaikan! Begini Cara Mudah Mencegah Keputihan

Ilustrasi Miss V, organ intim wanita. (Shutterstock)

Senantiasa menerapkan kebersihan vagina atau feminine hygiene adalah salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan reproduksi. Jika tidak dilakukan dengan baik, bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti keputihan, iritasi, serta infeksi saluran kemih (ISK).

Dokter spesialis ob-gyn, Cynthia A. Susanto, mengungkapkan masalah kesehatan reproduksi yang paling sering dialami perempuan adalah keputihan.

Ia lalu menjelaskan bahwa ada dua jenis keputihan, yakni tipe fisiologis dan tipe patologis.

Baca Juga: Atasi Masalah Keputihan di Organ Intim, Berikut Tips Perawatan yang Tepat

"Tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi," jelas dokter Cynthia ketika menjadi pembicara di webinar Andalan Feminine Care, baru-baru ini.

Ilustrasi Miss V, organ intim wanita. (Shutterstock)
Ilustrasi Miss V, organ intim wanita. (Shutterstock)

Ia kemudian mengatakan, "Tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya."

Sementara itu, aktivis dan edukator kesehatan seksual Sisilism memberikan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan, antara lain:

Baca Juga: Bisa Bikin Sulit Hamil, Ini Bahaya Infeksi di Area Kewanitaan

Baca Juga: 4 Makanan Sehat yang Bantu Cegah Keputihan

  1. Setiap harinya saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (dari vulva ke arah anus) dan bersihkan anus secara terpisah.
  2. Bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pH agar seimbang. Jika perlu, gunakan sabun khusus area kewanitaan dan pilih yang tidak terlalu keras.
  3. Keringkan dengan handuk atau tisu lembut setelah buang air atau setelah mandi.

Itulah cara menjaga kesehatan reproduksi yang juga sekaligus bisa mencegah terjadinya keputihan. Semoga bermanfaat. (*Rosiana Chozanah)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI