Sendirian Bukan Masalah, Ini 4 Cara Mengatasi Kesepian di Akhir Pekan

Begini cara mengatasi kesepian di akhir pekan. Yuk, simak!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 01 Oktober 2021 icon 10:55 WIB
Sendirian Bukan Masalah, Ini 4 Cara Mengatasi Kesepian di Akhir Pekan

Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)

Munculnya rasa kesepian di akhir pekan bisa menimbulkan ancaman nyata bagi seseorang, termasuk menimbulkan sisi emosi negatif. Sebagian orang juga menganggap akhir pekan merupakan fase yang menantang, terutama mereka yang tidak mempunyai keluarga.

Merangkum dari Healthshots, kesepian saat akhir pekan menjadi penyebab utama masalah emosi secara mental. Bagaimana cara mengatasi rasa kesepian di akhir pekan? Simak ulasan berikut.

1. Bersikap baik pada diri sendiri

Baca Juga: 3 Penyebab Sulit Cari Teman, Salah Satunya soal Ekspektasi

Cara mengatasi kesepian yang pertama adalah bersikap baik pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa merawat diri sendiri secara khusus, baik itu intropeksi diri maupun menikmati kesendirian.

Ilustrasi perempuan mengenakan hoodie. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi perempuan mengenakan hoodie. (Pixabay/StockSnap)

Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu saat liburan untuk menghilangkan rasa stres, mulai dari mandi santai, menikmati hobi baru, atau melakukan aktivitas fisik.

2. Melatih rasa syukur

Baca Juga: Dampak Pandemi, 1 dari 4 Orang Tak Merasakan Pelukan Lebih dari Setahun

Melatih rasa syukur setiap hari bisa menjadi cara bagaimana kamu menghargai diri sendiri. Bersyukurlah, baik itu tentang kejadian yang sudah ada di masa lalu, maupun apa yang baru lewat kemarin. Walau melatih rasa syukur sangatlah berat, ini bisa menjadi tantangan bagimu untuk menerima diri sendiri ketika merasa yang serba kekurangan.

Supaya lebih membantu, kamu bisa menuliskan pemikiranmu lewat jurnal. Bisa juga menuliskan apa yang sudah kamu hargai di dalam hidup. Cara tersebut akan membantu kamu untuk melatih pemikiran kreatif dan rasa semangat.

3. Rencanakan sesuatu

Ilustrasi perempuan semangat belajar. (Pixabay/Anastasia Gepp)
Ilustrasi perempuan semangat belajar. (Pixabay/Anastasia Gepp)

Walau sedang kesepian saat akhir pekan, tak ada salahnya untuk merencanakan sesuatu dalam hidupmu. Salah satunya berkumpul dengan keluarga maupun teman. Ini akan meningkatkan rasa kebahagiaan kamu serta menghindarkanmu dari yang namanya kesepian dan mengisolasi diri.

4. Pijat refleksi mandiri

Tak perlu memijat dengan bantuan tangan orang lain. Saat kesepian, kamu bisa lakukan pijat refleksi secara mandiri.

Baca Juga: Kesepian, Pria Ini Terlilit Utang gara-gara Ketagihan Live Streaming

Lakukan pijatan mulai dari sekitar anggota tubuh, baik tangan, kaki, kepala, hingga betis. Selain itu, manfaat pijat refleksi ini untuk meningkatkan kesehatan secara fisik. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI