Keren Abis, Kisah Nenek 80 Tahun Masih Kuat Mendaki Gunung Tanpa Alat Bantu

Nenek tersebut mencapai puncak dalam waktu kurang dari 2 jam.

By: Amertiya Saraswati icon Sabtu, 30 Oktober 2021 icon 19:34 WIB
Keren Abis, Kisah Nenek 80 Tahun Masih Kuat Mendaki Gunung Tanpa Alat Bantu

Ilustrasi nenek. (Shutterstock)

Tidak sedikit orang-orang yang membuktikan bahwa umur bukanlah penghalang untuk tetap aktif. Salah satu contoh adalah nenek yang berhasil mendaki gunung dalam waktu dua jam saja.

Melansir World of Buzz, nenek bernama Siti Zaharah Abdullah tersebut menjadi sorotan setelah mendaki Gunung Datuk yang memiliki ketinggian 884 meter.

Siti Zaharah Abdullah adalah nenek 80 tahun yang berasal dari Kampung Batu Puteh, Chengkau.

Baca Juga: Tuai Atensi, Viral Aksi Nenek Berkebaya Masih Semangat Olahraga di Gym

Saat mendaki di Gunung Datuk, Siti Zaharah hanya memakai sepatu tanpa kaos kaki dan sarung tangan. Ia juga menolak untuk memakai tongkat sebagai alat bantu dalam mendaki.

Siti Zaharah pergi mendaki bersama putri tertuanya, Esah Hitam. Awalnya, pasangan ibu-anak ini ingin mengunjungi kerabat di Melaka.

Namun, rencana mengunjungi keluarga tersebut dibatalkan. Siti Zaharah dan Esah Hitam lantas memutuskan mendaki gunung.

Baca Juga: Rajin Pakai Tabir Surya saat Muda, Viral Nenek Ungkap Rahasia Wajah Glowing

Viral Nenek 80 Tahun Mendaki Gunung Dalam 2 Jam (facebook.com/Esah Binti Hitam)
Viral Nenek 80 Tahun Mendaki Gunung Dalam 2 Jam (facebook.com/Esah Binti Hitam)

"Putriku mengajakku untuk mendaki Gunung Datuk, dan aku setuju karena aku sudah lama tidak mendaki. Aku juga bisa menonton matahari terbenam dan minum di gua di dekat puncak gunung," ungkap Siti Zaharah.

Sebelum menikah dulu, Siti Zaharah memang pernah mendaki Gunung Datuk tiga kali. Kemudian, ia kembali mendaki Gunung Datuk sekali setelah menikah.

Nenek 80 tahun ini memulai pendakian pada jam 2 siang. Meski kebanyakan pendaki lain memakai tongkat, Siti Zaharah tetap menolak memakainya.

Sebaliknya, nenek ini merasa lebih nyaman untuk 'melompat' dari batu ke batu tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

"Itu menyenangkan, aku tidak merasa lelah dan malah merasa ringan. Waktu itu, beberapa orang juga ingin memotretku," lanjut nenek ini.

Viral Nenek 80 Tahun Mendaki Gunung Dalam 2 Jam (facebook.com/Esah Binti Hitam)
Viral Nenek 80 Tahun Mendaki Gunung Dalam 2 Jam (facebook.com/Esah Binti Hitam)

Siti Zaharah juga membagikan rahasianya bisa tetap sehat dan kuat hingga umur 80 tahun. Ibu 15 anak ini menghindari makan daging seperti ayam.

"Aku bangun tidur sebelum fajar dan membersihkan bagian dalam dan luar rumah agar berkeringat, itu sebabnya aku masih sehat," ungkapnya.

Di sisi lain, Siti Zaharah sukses mengejutkan anak-anaknya yang lain karena menjadi viral. Namun, anak-anaknya paham dengan keinginan sang ibu mendaki gunung.

Menurut anak keempatnya, Siti Zaharah sudah lama ingin kembali mendaki gunung. Pasalnya, selama ini ia sibuk membesarkan 15 anak.

Tidak hanya itu, Siti Zaharah juga harus meminum obat tekanan darah tinggi dari dokter dan pernah mengalami sakit ginjal. Hal ini membuatnya butuh waktu untuk kembali mendaki gunung.

"Ibuku sudah melahirkan 15 anak dan selama membesarkan kami, mungkin ada hal yang ingin beliau lakukan tapi harus dipendam," ungkap putri keempatnya.

Baca Juga: Outfit Naik Gunung Dibongkar, Pendaki Ini Ternyata Pakai OOTD Puluhan Juta

"Jadi selagi ibu bertambah tua, beliau ingin mendaki gunung dan kami anak-anaknya berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi keinginannya," tandas putri keempat Siti Zaharah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI