7 Rahasia tentang Dirimu yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Konsumsi Publik

Jangan asal cerita atau curhat, berikut beberapa hal tentang dirimu yang sebaiknya tetap harus jadi rahasia.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 30 November 2021 icon 14:24 WIB
7 Rahasia tentang Dirimu yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Konsumsi Publik

Ilustrasi curhat. (Unsplash/Trung Thanh)

Ada banyak hal yang rasanya ingin kita ceritakan atau curhat kepada orang lain, misalnya sahabat dekat. Namun, pada dasarnya ada beberapa hal yang sebaiknya tetap jadi rahasia saja.

Memberitahu berbagai hal tentang diri kita secara berlebihan kepada orang lain bisa saja menjadi hal yang merugikan di masa depan?

Dilansir dari Times of India via Suara.com, berikut 7 hal yang seharusnya tidak boleh kamu ceritakan kepada orang lain:

Baca Juga: Rahasia Modis Iris Apfel, Ikon Mode Tertua yang Sudah Berumur 100 Tahun

Masalah pasanganmu

Jika pasanganmu punya kebiasaan khusus, ketakutan atau apa pun itu, jangan beritahukan hal tersebut kepada orang lain. Cukup antara kamu dan pasanganmu. Rahasia pasanganmu bukanlah sesuatu hal yang bisa kamu bagikan kepada orang lain, termasuk mantanmu.

Banyak orang yang cenderung akan membicarakan hal buruk tentang mantannya dan hal tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang adil dan tidak ada untungnya.

Baca Juga: Viral Curhatan Wanita Alami Kencan Terburuk, Debat Sengit dan Dikatai Gemuk

Ilustrasi gosip. (freepik.com/katemangostar)
Ilustrasi gosip. (freepik.com/katemangostar)

Capaian kamu

Semua orang tentu memiliki tujuan hidup yang sangat ingin dicapai. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan segala hal untuk melancarkan langkahmu, berusaha sebaik mungkin, dan jangan bagikan kepada orang lain sampai kamu dapat meraihnya.

Ini adalah antisipasi jika nantinya kamu menemukan sesuatu yang lebih menarik dan memutuskan untuk berhenti mengejar tujuan sebelumnya. Orang lain bisa aja akan mulai banyak bertanya karena penasaran, padahal kamu sejujurnya tidak perlu menjelaskannya kepada mereka. Hal lainnya yang mungkin terjadi adalah munculnya komentar negatif dari orang lain.

Memberitahukan perbuatan baikmu

Jika kamu baru saja melakukan sesuatu yang baik terhadap kepada seseorang, simpan saja hal tersebut untuk dirimu sendiri, terutama saat kamu terlibat dalam kegiatan sosial atau kemanusiaan.

Memberitahukan apa yang sudah kamu lakukan mungkin akan membuat orang lain tidak suka. Biarkanlah mereka berkata tentangmu atau mengakuimu di saat mereka melihat hasilmu dan tetaplah menjadi seseorang yang rendah hati.

Rekening dan saldomu

Jika tidak ada hal penting, sebaiknya jangan katakan apa pun soal rekening dan saldomu. Itu semi menjaga keamanan rekening pribadimu.

Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))
Ilustrasi dua perempuan bersahabat. (Unsplash/Roberto Nickson (@g))

Kelemahanmu

Setiap orang pasti punya satu kelemahan atau ketakutan terbesar, begitupun dirimu. Sebaiknya rahasiakanlah hal tersebut dan jangan beritahukan kepada orang lain.

Jika hal seperti itu diketahui orang jahat, mereka mungkin akan menggunakannya untuk menyerangmu. Tutupi ketakutanmu dengan kepercayaan diri, tidak penting sekecil atau sebesar apa pun itu.

Drama keluarga

Tak ada keluarga yang sempurna di dunia ini. Orang lain mungkin terlihat baik padamu tapi siapa yang tahu ada celah di balik sikap baiknya itu. Jika kamu ingin bercerita, ceritakanlah kepada profesional atau salah satu orang yang paling kamu percayai.

Tidak setiap orang perlu tahu tentang masalah keluargamu. Meskipun terlihat seperti menghiburmu, mereka bisa saja akan berakhir dengan membuat lelucon tentangmu, tak peduli seberapa berantakan keluarga mereka sendiri.

Bakatmu  

Biarkan dunia ini melihat bakat yang kamu miliki saat kesempatan yang tepat untuk melakukannya datang. Apresiasi yang sebenarnya akan kamu dapatkan saat kamu melakukannya di momen yang tepat dan kamu akan merasa jauh lebih baik.

Baca Juga: Viral Ibu Curhat Menyesal Kasih Nama Anak Begini, Takut Jadi Korban Bully

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu rahasiakan dari orang lain mengenai dirimu. Apakah kamu pernah membagikan 7 hal di atas kepada orang lain?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI