Kurangi Limbah Industri Kecantikan, Ini 4 Inisiatif Utama Gerakan Waste Down Beauty Up

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan para beauty enthusiast untuk turut serta dalam upaya mengurangi limbah plastik di industri kecantikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 19 Mei 2022 icon 13:28 WIB
Kurangi Limbah Industri Kecantikan, Ini 4 Inisiatif Utama Gerakan Waste Down Beauty Up

Belanja produk kecantikan di Sociolla Store ke-40 di Jogja City Mall (Instagram/@jogjacitymall)

Sociolla terus menggalakkan kampanye Waste Down Beauty Up untuk membantu mengurangi limbah industri kecantikan. Gerakan cinta lingkungan dilakukan lewat upaya edukasi serta mendorong budaya kecantikan yang sustainable di kalangan beauty enthusiast di Indonesia.

Rabu (18/5/2022) kemarin, Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengungkapkan, gerakan Waste Down Beauty Up mencakup empat inisiatif utama yang mendorong perilaku pembelian produk kecantikan secara bijak, yakni:

Use Up Before You Stock Up (Menghabiskan produk yang dimiliki sebelum membeli)

Baca Juga: Mengenal Konsep Blue Beauty dalam Tren Kecantikan, Ini Manfaatnya

Banyak pelanggan langsung terdorong melakukan pembelian impulsif yang berlandaskan pada FOMO (fear of missing out) atau takut tertinggal dengan tren yang ada. Padahal produk kecantikan di rumah masih banyak yang belum habis digunakan. Lebih baik, pastikan untuk menghabiskan dulu produk kecantikan yang dimiliki hingga tetes terakhir sebelum membeli yang baru.

Sociolla Store di Jogja City Mall (Istimewa)
Sociolla Store di Jogja City Mall (Istimewa)

Look Up on Trusted Reviews (Membaca review terlebih dahulu)

Menciptakan mindful shopping atau kesadaran dalam berbelanja produk kecantikan dengan mencari informasi review dan rating dari pelanggan lain melalui aplikasi SOCO sebelum melakukan pembelian. Dengan cara ini, pelanggan didorong memilih secara bijak sebelum mengambil keputusan pembelian.

Baca Juga: Hapus Stereotip, Social Bella Siap Dukung Perempuan untuk Berkarir di Industri Teknologi

Buy Minis/small size Before Full Size (Beli versi mini/kecil sebelum ukuran penuh)

Sebuah upaya mendorong beauty enthusiast agar mencoba produk kecantikan berukuran kecil/mini untuk menguji kesesuaian produk dengan kulit terlebih dahulu sebelum membeli produk normal/berukuran penuh.

Gift With Less Waste (Hadiah yang Less Waste)

Sociolla kini menghadirkan pilihan hadiah elektronik (e-gift) untuk para beauty enthusiast yang mengajak mereka agar dapat memberikan hadiah produk kecantikan dan perawatan diri yang lebih tepat sesuai keinginan serta kebutuhan orang yang mereka cintai.

Sebagai langkah awal menuju industri kecantikan yang lebih berkelanjutan, selain gerakan Waste Down Beauty Up, Sociolla juga menerapkan zero bubble wrap dan mengubah packaging pengiriman dengan kotak ramah lingkungan. Diperkirakan, peralihan dari bubble wrap ke kertas daur ulang akan mengurangi penggunaan plastik perusahaan sekitar 250.000 m2/tahun. Hingga saat ini, Sociolla merupakan perusahaan e-commerce besar pertama di Indonesia yang berkomitmen pada kebijakan zero bubble wrap.

Masih dalam prinsip sustainability, Sociolla juga meluncurkan gerakan Waste Down Kindness Up dengan menghadirkan Sukin X Sociolla Recycle Station di Sociolla Stores seluruh Indonesia, termasuk Jogja City Mall. Tujuannya adalah semakin meningkatkan kesadaran pelanggan dan mempermudah implementasi 3R atau Recycle, Reduce, Repeat di kalangan penggiat kecantikan Indonesia.

Sociolla Store di Jogja City Mall (Istimewa)
Sociolla Store di Jogja City Mall (Istimewa)

Ingin berpartisipasi dalam inisiatif Waste Down Kindness Up: Sukin X Sociolla Recycle Station? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Collect The Empties

Kumpulkan dulu kemasan produk kecantikan dari brand apa pun yang kamu miliki berdasarkan materinya, baik itu plastik, kaca dan lainnya serta mencopot label dari kemasan

Cleanse & Rinse

Pastikan kemasan produk kecantikan yang akan dikumpulkan untuk daur ulang sudah dicuci hingga bersih terlebih dahulu dan dikeringkan. Pastikan juga tidak ada lagi sisa produk di kemasan

Come & Drop It Off

Datangi Sociolla Store terdekat untuk drop off kemasan kosong produk kecantikan yang nantinya akan dikelola oleh mitra Sociolla, yaitu Waste4Change. Setiap 1 kemasan dapat ditukarkan dengan 5 SOCO Points. Kamu juga bisa menulis harapan untuk bumi atau kesan dan pesan terhadap program ini melalui sticker cantik yang telah tersedia untuk ditempelkan di Recycle Station yang tersedia.

Melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan untuk menerapkan kepedulian terhadap lingkungan, Sociolla berharap semangat positif tersebut dapat menginspirasi lebih banyak penggiat kecantikan untuk lebih peduli terhadap prinsip sustainability.

Seperti yang telah dijelaskan, gerakan Waste Down Beauty Up juga bisa diakses masyarakat lewat Sociolla Store Jogja City Mall yang berlokasi di lantai GF.

"Setelah sebelumnya mengadvokasi, mempromosikan, serta membantu pelanggan melakukan pembelian produk kecantikan secara bijak, kini Sociolla akan melanjutkan perjalanan kami untuk membantu para penggiat kecantikan dengan sarana pendukung berupa recycling station, termasuk di Sociolla Store Jogja City Mall," kata Chrisanti.

Baca Juga: Social Bella Kenalkan Model Bisnis Baru, Siap Garap Potensi Besar SHEconomy di Indonesia

Dia juga mengungkapkan, "Sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap bisnis kecantikan yang sustainable, kami akan berupaya untuk berinovasi demi mengintegrasikan pendekatan ramah lingkungan ke dalam operasional bisnis kami secara keseluruhan, untuk memastikan bahwa kami dapat terus menciptakan dampak konstan yang baik bagi konsumen kami maupun masyarakat Indonesia pada umumnya."

BERITA TERKAIT